Bandung, 4/6 (ANTARA) - Sebanyak 20 finalis Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2010 memperoleh pembekalan pengetahuan tentang batik dan belajar cara-cara membatik di Galeri Batik Komar di Jalan Cigadung Kota Bandung, Jumat.

Para finalis yang sebelumnya bersaing ketat pada babak semifinal, berkesempatan mendapatkan pengetahuan tentang praktek membatik di galeri batik milik Komarudin Kudiya yang juga Ketua Harian Yayasan Batik Jawa Barat.

Hadir pula pada kegiatan itu Ketua Umum Yayasan Batik Jabar yang juga istri Wakil Gubernur Jabar Ny Shandy Dede Yusuf.

Rencananya puncak Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2010 yang digelar untuk pertama kalinya tersebut akan berlangsung 12 Juni 2010 mendatang di Union Square Cihampelas Walk Kota Bandung.

Dua puluh finalis yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri itu yakni Adipta Wisnu Wardhani, Anarima Desianti Savitri, Asran Aga Shady, Citra Yolanda, Dhimas Satria, Feggy Triani Pratiwi, Hanugiarti Fitria Dewi, Indah Angraini, Kerrina Putri Irianti, Lestari Putri.

Kemudian M Shandy Friday, M Luqman Hasan, Pradipda Dirgantra, Pramesywara Adisendjaya, Ria Sawitri, Rizqi Dimas Pratikto, Rudy Nasuha, Trendi Krisliandi, Trisa Melati dan Wahyu Pradana Saputra.

Sementara itu aspek penilaian terletak pada kemampuan bahasa asing dan Bahasa Sunda, wawasan umum, wawasan khusus mengenai batik Jawa Barat dan 'personality introduction'.

Selain mendapat penerangan teknik membatik dan perkembangan batik di Jawa Barat, para peserta juga mendapat pembekalan materi dari Ricky Luben dari DJ Arie Broadcasting School dan dari pelaku industri kreatif Satria Akbar dari Saung Angklung Udjo.

"Penilaian difokuskan pada aspek wawasan dan kewirausahaan batik, pariwisata dan budaya," kata Ketua Umum YBJB, Ny Shandy Dede Yusuf.

Pada kesempatan itu, Shandy menyebutkan Jawa Barat memiliki cukup banyak corak batik khas daerah yang diharapkan menjadi bagian dari keseharian generasi muda ke depan.

"Jabar memiliki kekayaan batik yang sangat potensial, untuk itu generasi muda Jabar harus mempromosikannya agar tidak punah. Duta Batik Jabar terpilih maupun yang masuk nominasi akan bekerja dengan saya untuk mempromosikan batik Jabar ini," kata Shandy Yusuf menambahkan.

***4***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010