Wali Kota Depok Mohammad Idris mengajak masyarakat untuk tetap semangat dan menjaga imunitas tubuh selama pandemi Covid-19 yang diharapkan bisa mencegah virus corona secara lebih optimal.

"Pengalaman pribadi saya, ketika terkonfirmasi positif, yang dibangun adalah semangatnya sehingga imun ikut meningkat, Insya Allah enggak lama di rumah sakit. Tapi kalau negatif thinking duluan malah down kita," kata Idris di Depok, Kamis.

Ia mengatakan masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak (3M) serta melaksanakan 3T (testing, tracing, dan treatment).

"Juga dengan meningkatkan 2I yaitu iman dan imun agar upaya pencegahan dapat lebih optimal," jelasnya.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat di Kota Depok untuk tetap mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan demikian, diharapkan bisa meningkatkan iman dalam menghadapi ujian pandemi COVID-19 ini.

"Sekarang ruang ICU di rumah sakit rujukan sudah penuh, tapi kita tetap ikhtiar mencari jalan. Tetap semangat dan ikhtiar untuk menjaga imunitas tubuh," ujarnya.

Sementara itu data perkembangan kasus virus corona berdasarkan data yang dirilis per 20 Januari 2021, jumlah pasien sembuh bertambah 220 orang.

Jumlah pasien sembuh setiap harinya terus bertambah.Dalam rilis tersebut tertulis pasien sembuh Covid-19 menjadi 17.945 orang atau 78,16 persen dari total kasus konfirmasi positif.

Sedangkan, total kasus konfirmasi positif bertambah 314 menjadi 22.959 orang dan kasus konfirmasi aktif 4.495 orang. Kemudian, suspek aktif sebanyak 999 orang serta kontak erat aktif 2.583 orang.

Pada rilis tersebut juga terdapat penambahan kasus pasien meninggal sebanyak lima orang. Dengan demikian, jumlahnya menjadi 519 orang.

Kemudian, terdapat juga pasien probabel aktif sebanyak 37 orang yang merupakan kasus suspek dengan ISPA berat, gagal napas. Atau meninggal dunia dengan gambaran klinis yang meyakinkan Covid-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR.

Pemkot Depok terus mengingatkan masyarakat untuk menerapkan 3M saat melaksanakan aktivitas di luar rumah. Yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

Baca juga: Pemkab Bekasi terima bantuan 500.000 tablet vitamin C

Baca juga: Indocement bantu warga Bogor makanan tambahan untuk perkuat imunitas

Baca juga: PB IDI imbau warga jaga diri agar tak sakit karena pandemi masih panjang

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021