Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menyatakan 119 petugas dinyatakan terkonfirmasi COVID-19 berdasarkan pemeriksaan tes usap.
 
Komisioner untuk Divisi Sosialisasi, SDM, dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bandung Supriyatna di Bandung, Senin, mengatakan angka itu didapat dari hasil pemeriksaan cepat COVID-19 terhadap 61.866 petugas KPU sejak beberapa waktu lalu.
 
"Dari 'rapid test' (tes cepat) yang reaktif itu ada 1.517. Sampai kemarin yang keluar hasil 'swab'-nya (usap) 199 orang (terkonfirmasi COVID-19, red.)," kata dia.
 
Dengan adanya hal tersebut, dia memastikan pihaknya langsung mengganti petugas tersebut. Penggantinya pun  juga langsung dilakukan pemeriksaan cepat COVID-19.
 
Namun, proses pergantian tersebut juga masih mengalami kendala, pasalnya hasil dari tes usap COVID-19 itu tidak keluar secara serentak dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung.
 
Maka dari itu, kata dia, angka petugas yang terkonfirmasi COVID-19 berpotensi bertambah karena hasil pemeriksaan itu belum seluruhnya keluar dari Dinkes.
 
"Kamu berharap besok sudah keluar hasil 'swab'-nya atau dari kita terus berkomunikasi terus dengan Dinkes terkait hasil keseluruhan," kata dia.
 
Selain itu, Bawaslu Kabupaten Bandung juga menyatakan 51 petugas pengawas di TPS dinyatakan terkonfirmasi COVID-19.
 
Seluruh petugas itu juga sudah diminta melakukan isolasi mandiri serta pekerjaannya digantikan oleh petugas yang dinyatakan negatif COVID-19.

Baca juga: KPU Kabupaten Bandung catat 28 TPS berpotensi kesulitan sinyal

Baca juga: Debat Pilkada Kabupaten Bandung tiga paslon adu gagasan penanganan COVID-19

Baca juga: KPU tetapkan 2.356.412 pemilih dalam DPT Pilbup Bandung

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020