Garut, 30/3 (ANTARA) - Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Garut, Ny Rani Permata menyatakan, memaknai peringatan perfilman Indonesia tahun ini antara lain mengunjungi "lembur" (kampung) ikon artis film Indonesia, Sofia WD, Selasa.

Berlokasi di wilayah Kecamatan Selaawi, Garut, yang berdekatan dengan tugu-45 sekitar 45 km arah utara dari pusat kota Garut, ungkap istri Wakil Bupati Garut itu.

Dalam kesempatan itu, dia juga sekaligus mengagendakan sosialisasi sosok almarhumn RA Lasminingrat, tokoh perempuan asal Garut yang berjuang membebaskan kaum perempuan dari belenggu kebodohan serta keterbelakangannya, jauh sebelum adanya figur RA Kartini.

Perjuangan serta pengorbanan RA Lasminingrat dinilai tidak diragukan lagi, karena berdasarkan catatan sejarah termasuk dokumen asli yang kini berada di perpustakaan Kerajaan Belanda, antara lain menunjukan banyak memberikan proses pembelajaran serta keterampilan kepada kaum perempuan di Kabupaten Garut.

Sehingga pejuang emansipasi perempuan ratusan tahun lalu, selama ini terus diperjuangkan bisa menjadi Pahlawan Nasional.

Bahkan berbagai kajian sejarah serta riwayat perjuangannya, telah mendapat pengakuan dari pakar sejarah Universitas Padjadjaran Bandung, Lina Lubis.

John DH

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010