Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Provinsi Jawa Barat melalui Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) menggelar lomba "Senam Pancakarsa" berhadiah senilai Rp100 juta.

"Lomba senam pancakarsa yang diharapkan mampu meningkatkan imun masyarakat Kabupaten Bogor dalam melawan COVID-19 ini," ungkap Ketua Umum FORMI Kabupaten Bogor Usep Supratman di Cibinong Kabupaten Bogor, Rabu.

Pendaftaran lomba yang dibuka sejak 15 November 2020 itu akan ditutup hingga 27 November 2020. Kemudian akan diselenggarakan pada 5 Desember 2020 berbarengan dengan Festival Olahraga Rekreasi Provinsi (Forprov) Jawa Barat yang juga berlangsung di Kabupaten Bogor.

"Kami juga sedang mempersiapkan untuk ajang Forprov Jabar 2020, karena ini akan membawa harum nama Kabupaten Bogor dalam kancah olahraga rekreasi di Jawa Barat," kata Usep.

Sementara itu, Ketua Panitia lomba, Brenda Rara Pendhita menyebutkan menjaga kesehatan merupakan hal terpenting di masa pandemi COVID-19, maka berolahraga menjadi salah satu cara untuk mencapainya.

"Pandemi bukan alasan untuk kita berhenti berkreasi dan berolahraga, justru kita tetap harus menjaga imun tubuh dengan berolahraga," ungkap perempuan yang akrab disapa Rara itu.

Rara selaku Koordinator Bidang Event dan Festival di Formi Kabupaten Bogor mengatakan kehadiran FORMI salah satunya untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga.

"Dengan diadakannya lomba senam pancakarsa, sudah otomatis mengolahragakan masyarakat, tentunya pelaksanaan senampun menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sebelum senam rapid test dahulu," kata Rara.

Seperti diketahui, Senam Pancakarsa baru diluncurkan oleh Pemkab Bogor pada pertengahan September 2020 saat peringatan Hari Olahraga Nasional.

Nama Pancakarsa diambil dari lima program utama masa pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Bogor, Ade Yasin - Iwan Setiawan, yaitu Karsa Bogor Membangun, Karsa Bogor Cerdas, Karsa Bogor Sehat, Karsa Bogor Maju, dan Karsa Bogor Berkeadaban.

Baca juga: Tips penuhi kebutuhan vitamin harian untuk jaga imun tubuh

Baca juga: Ahli sebut obesitas bisa turunkan imun dan lebih rentan terinfeksi COVID-19

Baca juga: Dokter: Jaga imun tidak harus konsumsi multivitamin dosis tinggi

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020