PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat terdapat peningkatan penumpang atau pengguna jasa pada bulan Oktober 2020 apabila dibandingkan bulan sebelumnya.

"Pada bulan Oktober sampai tanggal 24 ini ada peningkatan penumpang sebanyak 3 persen," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif di Cirebon, Sabtu.

Luqman mengatakan pada bulan September 2020 memang terdapat penurunan jumlah pengguna jasa, di mana pada bulan tersebut ada beberapa daerah yang kasus positifnya melonjak.

Namun pada bulan Oktober 2020 ini, pengguna jasa transportasi khususnya kereta api terus menunjukkan tren peningkatan apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

"Sampai saat ini jumlahnya terus bertambah dan data sementara ada kenaikan sekitar 3 persen penumpang yang menggunakan kereta terutama di bulan Oktober dibandingkan pada September," ujarnya.

Peningkatan jumlah pengguna jasa kereta kata Luqman, tidak lepas dari kepercayaan masyarakat menggunakan jasa transportasi kereta api.

Karena KAI sendiri selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik ketika berada di stasiun, maupun di dalam kereta.

"Kenaikan ini mungkin karena masyarakat sudah kembali mempercayai transportasi kereta, karena dirasa lebih aman di masa pandemi," katanya.

Dia menambahkan di Daop 3 Cirebon selama libur cuti bersama dan akhir pekan atau "long weekend" terdapat 53 perjalanan kereta yang melintas.

Dan 53 perjalanan kereta tersebut kata Luqman, akan melayani masyarakat yang berada di wilayah Daop 3 Cirebon ke beberapa daerah di pulau Jawa.

"Penambahan perjalanan kereta ini merupakan upaya KAI untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin menikmati libur panjang," tuturnya.***1***

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020