Wali Kota Bandung Oded M Danial mengklaim penyebaran COVID-19 di daerahnya terkendali meski kini dinyatakan sebagai zona merah oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
 
"Tapi saya yakin Bandung masih terkendali lah," kata Oded saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Senin.
 
Untuk itu, ia pun enggan berkomentar lebih jauh tentang zona merah yang disematkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada ibu kotanya itu.
 
Oded pun mengaku belum melihat peta persebaran COVID-19 di Kota Bandung. Namun ia tetap mengklaim penyebaran COVID-19 di Kota Bandung masih terkendali.
 
"Kalau Bandung (sudah) gawat saya pasti bertindak," katanya.
 
Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan sejauh ini ada beberapa daerah yang status zona-nya mengalami pergeseran.
 
Berdasarkan kajian epidemiologi terbaru ada beberapa daerah yang turun ke zona oranye dan naik ke zona merah. Salah satunya, kata dia, Kota Bandung kini masuk ke dalam daftar zona merah penyebaran COVID-19.
 
“Minggu lalu itu Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon sudah tidak masuk lagi zona merah. Tapi (statusnya) bergeser ke Kota Bandung yang jadi zona merah, KBB (Kabupaten Bandung Barat) zona merah, Kota Bogor zona merah, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi zona merah,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate Kota Bandung, Senin.


Baca juga: Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat masuk zona merah COVID-19

Baca juga: Sekda Kota Bandung sebut angka reproduksi COVID-19 menurun

Baca juga: Pemkot Bandung prioritaskan zona merah dalam terapkan karantina lokal

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020