Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, siap mengalokasikan anggaran dari APBD untuk membantu korban gempa bumi di Kecamatan Pamarican pada tahun 2017 yang saat ini belum mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

"Kami upayakan memberikan bantuan dari APBD dengan memperhatikan aturan yang berlaku," kata Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat menerima kunjungan dari Forum Peduli Gempa Pamarican (FPG-P) di Ciamis, Jumat.

Kedatangan FPG-P didampingi oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Ciamis itu, meminta perhatian dari pemerintah terkait masalah dana bantuan untuk korban gempa, yang saat ini belum terealisasi bagi korban gempa bumi pada 2017.

Wakil Bupati Ciamis yang menerima langsung perwakilan masyarakat korban bencana gempa bumi, menyatakan segera memerintahkan BPBD Ciamis untuk menggelar pertemuan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Pusat.

"Memang BNPB Pusat tidak memberikan bantuan untuk korban Gempa wilayah Pamarican, kita akan upayakan pertemuan untuk menemukan penjelasan lebih jelasnya," kata Yana.

Ia menyampaikan selain siap memfasilitasi pertemuan dengan BNPB, Pemkab Ciamis juga siap mengalokasikan anggaran dari APBD untuk membantu para korban gempa di Pamarican.

"Sebelum melakukannya (bantuan dari APBD) akan melihat sejauh mana kemampuan BNPB Pusat untuk menyelesaikannya terkait bantuan yang tak kunjung cair tersebut," kata Yana.

Menurut dia, belum terealisasinya bantuan untuk warga terdampak bencana gempa bumi itu karena adanya keterlambatan administrasi, atau adanya anggaran pusat yang dialokasikan untuk penanganan gempa di Palu pada waktu itu.

Meski begitu, kata dia, Pemkab Ciamis siap membantu untuk berjuang bersama agar bantuan untuk korban gempa di Pamarican segera direalisasikan oleh pemerintah pusat.

"Pastinya kita dalam waktu dekat akan segera berkoordinasi untuk memperjuangkan hak warga Pamarican yang belum mendapatkan bantuan gempa," katanya.

Perwakilan masyarakat korban gempa, Pujiono, menyampaikan terima kasih adanya perhatian dari Pemkab Ciamis yang siap membantu membahas masalah bantuan dengan BNPB.

"Kita akan terus berupaya melakukan komunikasi dengan stakeholder terkait untuk memperjuangkan hak masyarakat yang terdampak gempa 2017," katanya.

Baca juga: Sebanyak 188 Rumah di Kabupaten Ciamis Rusak Akibat Gempa

Baca juga: Basarnas : Warga Ciamis Meninggal Akibat Gempa Tasikmalaya

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020