Polres Cianjur, Jawa Barat, menyiagakan 800 personel untuk mengamankan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cianjur 2020 karena berpotensi terjadinya konflik, sehingga berbagai upaya antisipasi akan dilakukan termasuk pendekatan kepada tim sukses hingga massa pendukung.

Bahkan ungkap Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai di Cianjur Kamis, untuk titik rawan konflik pihaknya menyiagakan 200 orang anggota berseragam dan bersenjata lengkap dengan personel tambahan sebanyak 600 orang jika dibutuhkan.

"Meski tidak kita harapkan, namun potensi konflik selalu ada, sehingga berbagai upaya akan kita lakukan termasuk menyiagakan anggota di sejumlah titik yang dinilai rawan," katanya.

Ia menjelaskan, ratusan orang anggota tersebut, termasuk dari unsur jajaran polres yang tersebar di 32 polsek mulai dari wilayah utara hingga selatan. Namun di lapangan yang disiagakan sebanyak 200 orang untuk mengawal tahapan hingga pelantikan pasangan calon terpilih.

Sedangkan seluruh personil tambahan yang disiapkan, akan membantu personil lapangan jika dibutuhkan dan jika terjadi kerawanan yang cukup tinggi."Kami juga akan melakukan pendekatan persuasif guna meminimalisir terjadinya konflik," katanya.

Pihaknya berharap selama tahapan berjalan hingga pelantikan, semua kalangan dapat menahan diri dan menghindari terjadinya konflik seperti yang pernah terjadi pada pilkada sebelumnya."Jangan sampai hal yang sama kembali terulang, kami minta semua dapat menahan diri demi aman dan damainya pesta demokrasi," katanya.

Ia menambahkan, selama tahapan pilkada, pihaknya mengimbau semua kalangan untuk bijak menyikapi dan menerima setiap kabar yang beredar serta tidak menjadi pelaku atau penyebar berita bohong termasuk melakukan kampanye hitam terhadap pasangan lain yang tidak mereka dukung.

"Bijaklah dalam bermedia sosial dan santun dalam setiap kampanye terbuka atau di media sosial, harapan kami selama pilkada hingga pelantikan, Cianjur tetap kondusif aman dan tentram tanpa ada konflik meskipun berbeda pilihan," katanya.

Baca juga: KPU Cianjur maksimalkan sosialisasi Pilkada secara langsung dan daring

Baca juga: Empat pasang bakal calon Pilkada Cianjur jalani tes kesehatan di RSHS

Baca juga: Begini cara bakal pasangan calon saat mendaftar pilkada

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020