Pemkab Cianjur, Jawa Barat, mengimbau pengelola tempat keramaian seperti tempat wisata, hotel, rumah makan dan pusat perbelanjaan sudah memenuhi standar protokol kesehatan menjelang diterapkannya new normal atau adaptasi kebiasaan baru.

Bupati Cianjur, Herman Suherman pada wartawan Kamis, mengatakan pihaknya telah meninjau berbagai tempat mulai dari pasar tradisional hingga hotel berbintang untuk melakukan standar protokol kesehatan menjelang dibuka kembali secara normal pasca KLB COVID-19.

"Kami sudah mensosialisasikan dan meninjau langsung sejumlah tempat seperti pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan hotel-hotel untuk menerapkan standar protokol kesehatan saat kembali buka," katanya.

Baca juga: Bupati Cianjur pastikan tempat wisata dibuka dalam waktu dekat

Pusat keramaian tersebut, diwajibkan menyediakan cairan pencuci tangan, pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan dan menerapkan jaga jarak ketika terjadi antrian pengunjung serta membatasi angka kunjungan.

Sebagian besar pengelola, ungkap dia telah menerapkan hal tersebut, bahkan beberapa hotel berbintang di kawasan Cipanas-Puncak, sudah menerima tamu yang hendak menghabiskan liburan karena dinilai sudah memenuhi standar protokol kesehatan.

"Harapan kami sebelum diizinkan kembali dibuka untuk umum, semua pengelola pusat keramaian yang ada di Cianjur, sudah menerapkan prosedur tersebut agar penyebaran COVID-19 tidak lagi meluas," katanya.

Sementara Promotion dan TR Citymall Cianjur, Fauji Suanda mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah memenuhi persyaratan dan standarisasi yang dianjurkan pemerintah untuk pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Warga Cianjur diimbau tetap patuhi protokol kesehatan jalani "new normal"

Bahkan menjelang diterapkannya new normal, pihaknya telah menambah tempat pencuci tangan, menyediakan cairan pembersih tangan, pemeriksaan suhu tubuh dan masker gratis bagi pengujung yang tidak menggunakan.

"Kami sudah siap melaksanakan standarisasi protokol kesehatan dalam pelaksanaan new normal. Saat ini di dua pintu masuk mall, pemeriksaan suhu tubuh sudah dilaksanakan dibantu aparat TNI dan Satpol PP," katanya.

Baca juga: Satlantas Polres Cianjur amankan taksi gelap berpenumpang tujuan Jakarta

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020