Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan PT Pertamina bakal memasang 12 unit wastafel portabel di sejumlah titik di Kota Kembang sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan pemasangan wastafel itu selaras dengan program pemkot melalui corporate social responsibility (CSR) PT Pertamina, karena salah satu cara ampuh mencegah COVID-19 adalah menjaga kebersihan dengan tertib mencuci tangan.

"Rencananya dipasang 5 unit di pasar tradisional, 3 unit di taman-taman, 2 unit di terminal, dan masing-masing 1 unit di Balai Kota dan Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung," kata Oded di Bandung, Jumat.

Baca juga: Meski mal tutup, Pemkot Bandung pastikan pasar swalayan tetap buka

Dengan ketersediaan wastafel portabel ini, ia berharap masyarakat menjadi lebih sadar untuk semakin waspada dalam menghadapi pandemi virus corona. Sehingga, upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini bisa berlangsung optimal.

Ia mengatakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini tidak hanya diterapkan ketika merebaknya virus corona, namun bisa terus berlanjut dalam keseharian ketika situasi kembali normal.

"Saya berharap program pemasangan wastafel di beberapa titik keramaian ini bisa bermanfaat dalam jangka panjang untuk menerapkan PHBS," katanya.

Baca juga: Kota Bandung tunggu hasil kajian ahli soal karantina wilayah

Sementara itu, Sales Area Manager Retail Pt Pertamina Bandung Sylvia G Yuvenna mengatakan pemberian wastafel ini adalah bentuk partisipasi PT Pertamina dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Setelah semua wastafel terpasang, Sylvia berharap seluruh pihak yang menggunakan bisa menjaganya agar wastafel bisa digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

"Kami menyediakan 12 tempat cuci tangan untuk Kota Bandung, 2 dari Pertamina Lubricants dan 10 dari Pertamian Persero. Kami menyediakan tempat cuci tangan ini sebagai bagian dari CSR Pertamina dan sejalan dengan program Pemkot Bandung," kata Sylvia.

Baca juga: Kota Bandung siapkan lahan permakaman untuk jenazah pasien COVID-19

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020