Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menyiapkan alat pendeteksi suhu tubuh di tempat umum seperti stasiun kereta api dan bandar udara untuk mendeteksi lebih awal kesehatan warga yang datang dari luar kota dalam mengantisipasi wabah virus Covid-19.

"Alat itu akan mendeteksi, jika ada yang suhu tubuhnya tidak normal akan diarahkan untuk periksa kesehatannya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat kepada wartawan di Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan Pemkot Tasikmalaya sementara menyiapkan empat alat pendeteksi suhu tubuh yang memiliki fungsi cukup bagus untuk mengetahui dengan cepat suhu tubuh manusia.

Alat canggih itu, kata dia, akan dititipkan di Stasiun Kereta Api Tasikmalaya dan Bandar Udara Wiriadinata Tasikmalaya yang dianggap menjadi tempat banyaknya keluar masuk orang dari dan menuju kota besar.

Jika alat tersebut dibutuhkan di tempat lain seperti terminal bus, kata dia, maka pihaknya siap menyediakan alat tersebut sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam mencegah wabah virus.

"Setiap tempat keramaian akan dititipkan satu alat, seperti di terminal," katanya.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman menyatakan, alat tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dalam kondisi saat ini tentang ancaman virus Covid-19.

Alat itu, kata dia, akan mendeteksi secara dini kondisi kesehatan masyarakat tanpa harus pergi ke rumah sakit.

"Kita antisipasi dan sejauh ini tidak ada kasus virus Corona di Kota Tasikmalaya," katanya.

Baca juga: Anjing pelacak dikerahkan cari korban longsor di Cisayong Tasikmalaya

Baca juga: Polisi selidiki kasus penusukan pengendara sepeda motor di Tasikmalaya

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020