Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas harus ada di setiap kota/kabupaten di Jabar agar pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan seperti penanggulangan bencana alam semakin lebih baik.

"Mengharapkan pelayanan SAR (search and rescue) semakin dekat dengan masyarakat supaya layanan semakin baik," kata Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri peringatan Hari Jadi ke-48 Basarnas di Kantor Pencarian dan Pertolongan Provinsi Jabar di Sumedang, Jumat.

Ia menuturkan, Basarnas merupakan lembaga yang profesional dalam menanggulangi dan memberikan bantuan pertolongan dan pencarian bagi warga yang terkena musibah.

Selama ini, kata dia, Kantor Basarnnas hanya ada di tingkat provinsi, dan hanya beberapa Kantor Pos SAR seperti hanya ada di Kabupaten Tasikmalaya yang mencakup beberapa kota dan kabupaten di wilayah Priangan Timur.

"Kami harap Kantor SAR dan gudang SAR ditambah untuk memaksimalkan bantuan dan pertolongan," kata mantan Bupati Tasikmalaya itu.

Ia mengungkapkan, setiap kota dan kabupaten di Jabar memiliki potensi ancaman bencana alam dan ancaman bahaya lainnya terhadap manusia sehingga butuh keberadaan Kantor SAR di setiap daerah.

Ia berharap, pemerintah daerah dapat mendukung pendirian Kantor SAR seperti menyediakan lahan atau bentuk dukungan lainnya untuk kepentingan kemanusiaan.

Uu mencontohkan seperti yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten yakni menghibahkan tanah untuk pembangunan Kantor SAR karena menyadari daerah Tasikmalaya dan sekitarnya memiliki potensi bencana yang cukup tinggi.

"Kenapa pemerintah daerah tidak melakukan kerja sama seperti di Kabupaten Tasikmalaya menghibahkan tanah kepada Basarnas untuk pembangunan Kantor SAR," katanya .

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jabar Deden Ridwansah menyatakan, idealnya Kantor SAR ada di setiap kota dan kabupaten untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Saat ini, kata dia, Kantor SAR baru ada di Kabupaten Tasimalaya dan Cirebon, rencananya akan membangun kantor baru di Pangandaran dan Subang.

"Rencana ada di Pangandaran dan Subang yang akan dibangun tahun ini," katanya. ***2***

Baca juga: Wagub Jawa Barat bentuk santri siaga bencana

Baca juga: Seorang warga ditemukan tewas tertimbun tanah longsor di Talegong Garut


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020