Wakil Bupati Garut Helmi Budiman berharap pemerintah desa bisa membangun perpustakaan dari anggaran dana desa (ADD) untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berwawasan luas karena memiliki kebiasaan membaca buku.

"Pemerintah kabupaten tentu melakukan dorongan untuk membuat perpustakaan atau taman bacaan di desa," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman usai menghadiri acara Bincang Literasi di halaman parkir sebuah toko buku di Garut, Ahad.

Ia menuturkan, selama ini Pemkab Garut memiliki program dalam membangun taman baca seperti yang sudah didirikan di beberapa daerah.

Namun, program meningkatkan literasi baca buku itu, kata dia, butuh dukungan dari berbagai pihak, terutama masyarakat desa untuk mendorong pemerintah desa menjalankan program membuat perpustakaan.

"Diperlukan dukungan untuk mengoptimalkan agar program ini betul-betul dekat dengan masyarakat," katanya.

Ia menyarankan masyarakat terutama pegiat literasi di desa dapat menyampaikan usulan atau gagasan mendirikan perpustakaan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa.

Dalam musyawarah itu, kata dia, masyarakat bisa ikut merumuskan perencanaan untuk membangun desa yang lebih baik dan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat.

"Kalau enggak ada usulan tidak akan ada sebuah kajian untuk disampaikan kepada Bappeda," katanya.

Wabup menambahkan, kegiatan literasi merupakan gerakan yang selama ini diharapkan masyarakat Garut.

"Ada harapan yang sangat besar untuk kelompok masyarakat yang sangat inovatif," katanya.*

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020