Perumdam Tirta Mukti Cianjur, Jawa Barat, menyediakan kuota pemasangan saluran air untuk 3.000 pelanggan yang masuk dalam kategori tidak mampu atau berpenghasilan rendah di tahun depan tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Kuota yang disediakan atas penyertaan modal pada Perumdam untuk 2020, sehingga kami menambah kuota sebanyak 500 pelanggan yang merupakan dana bantuan Perumdam," kata Dirut Perumdam Cianjur, Budi Karyawan di Cianjur Jumat.

Digratiskannya biaya pemasangan saluran baru yang biasanya sebesar Rp1,160 juta, dinilai akan memudahkan warga tidak mampu untuk mendapatkan air bersih dan layak.

Saat ini data untuk penerima bantuan sudah masuk dan akan diajukan ke pusat, sehingga calon penerima program akan disurvei satu per satu dari segi kelayakan yang tersebar di 17 kecamatan pelayanan Perumdam Tirta Mukti Cianjur.

"Nanti hasil survei yang menentukan layak tidaknya warga penerima program tersebut. Kalau tidak sesuai kategori akan dicoret dan digantikan dengan usulan lain yang tepat sasaran," katanya.

Ia menambahkan, dengan adanya penambahan pelanggan melalui program pemasangan gratis, total pelanggan perumdam akan mencapai 50 ribu pelanggan.

"Bertambahnya jumlah pelanggan tersebut, tentunya akan didorong dengan pelayanan prima dan penambahan sumber mata air yang akan digunakan perumdam," katanya.

Baca juga: Perumdam Cianjur distribusikan bantuan air bersih ke 21 desa

Baca juga: Pasokan BBM di Cianjur menjelang Natal aman
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019