Perusahaan multi layanan Gojek berkomitmen siap berkontribusi melalui teknologi yang mampu menghadirkan suatu sistem terintegrasi untuk memajukan laju sektor pariwisata Kota Bandung.

VP Regional Corporate Affairs Gojek, Michael Say mengatakan evolusi Gojek menjadi sebuah ekosistem merupakan langkah strategis dalam menyediakan solusi bagi kebutuhan masyarakat secara menyeluruh. Sebagai aplikasi super terdepan di Asia Tenggara dengan lebih dari 20 layanan yang tersebar di 204 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, Gojek berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya. 

“Lewat program Plesiran Bareng Gojek, kami mengenalkan ekosistem Gojek sebagai operating system bagi masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat di Kota Bandung. Dari mulai bangun tidur sampai mengakhiri hari, masyarakat dapat mengandalkan layanan Gojek," kata Michael di Bandung, Kamis.

Program Plesiran Bareng Gojek di Bandung dilakukan dengan mengunjungi beberapa lokasi kuliner terbaik yang juga merchant GoFood seperti Kue Balok Brownies Mahkota, Kedai Mamah Eha, Bubur Haji Amid, GoFood Festival BEC dan Rumah Makan Malah Dicubo. Selain itu, Plesiran Bareng Gojek turut mengunjungi Cibadak Culinary Night sebagai pusat kuliner malam di Bandung yang sistem pembayarannya didukung oleh layanan non-tunai dari GoPay. 

Dalam kegiatan ini, layanan pembayaran non-tunai dari GoPay juga dimanfaatkan saat mengunjungi kawasan wisata dalam Kota Bandung seperti wisata foto Cosplay di area Jalan Asia Afrika serta Museum Gedung Sate. Layanan pijat professional, GoMassage, juga hadir mendukung kegiatan ini untuk memastikan peserta bugar kembali setelah berkeliling ke beberapa titik di Kota Bandung.

Dalam program itu, hadir pula Melody Nurramdhani Laksani yang merupakan content creator dan mantan personel grup artis JKT48. Ia mengatakan bahwa aktivitasnya cukup terbantu dengan hadirnya ekosistem Gojek mulai dari kebutuhan bertransportasi, kemudahan pembayaran, layanan rumah tangga, sampai pemesanan makanan.

”Selain membantu saya dalam mendapatkan rekomendasi kuliner lokal, saya jadi bisa lebih efisien waktu untuk menikmati makanan-makanan tersebut. Tentu ini juga akan berdampak positif bagi wisata di Kota Bandung secara keseluruhan," kata Melody.

Pada Layanan GoFood, Gojek menerapkan personalized user experience untuk meningkatkan kenyamanan dan kecepatan layanan GoFood kepada pelanggan. Salah satu contohnya, tiap pelanggan bisa mendapatkan pilihan makanan yang berbeda-beda di platform GoFood sesuai dengan kesukaan dan historis pemesanannya. 

Tidak hanya membantu masyarakat lokal dengan layanannya, wisatawan juga dapat mengandalkan layanan GoFood sebagai katalog merchant terlengkap untuk mengetahui kuliner khas di suatu daerah. 

Inovasi Gojek pada layanan GoFood tidak hanya dirasakan pelanggan tetapi juga mitra merchant lewat keberadaan aplikasi pengelolaan restoran yakni GoBiz. Gojek membantu merchant dengan memberikan akses kepada pasar yang luas melalui aplikasi Gojek untuk menumbuhkan bisnisnya.  

Selain itu, di sisi mitra merchant, GoFood juga terus berinovasi sehingga merchant bisa menawarkan lebih banyak pilihan makanan, mempromosikan menu hingga mengatur operasional mereka. Melalui GoBiz merchant bisa secara mandiri mengatur dan menawarkan promo khusus untuk restoran mereka sendiri, salah satunya terbukti dengan meningkatkan pendapatan rata-rata merchant hingga 3,5 kali. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kania Sari mengatakan bahwa ekosistem layanan yang berbasis teknologi itu diharapkan nantinya bisa dimanfaatkan untuk mencatat data terkait minat pariwisata. 

Karena dengan catatan yang cukup akurat, nantinya pihak Pemerintah bisa menjadikan hal tersebut sebagai dasar kebijakan untuk mendorong sejumlah program pariwisata.

"Iya, nantinya saya harap aplikasi itu nantinya bisa merekam sejumlah data transaksi dan sejumlah peningkatan destinasi wisata, juga identitas penggunanya. Jadi nanti kita bisa tahu keberminatan wisatawan ketika berkunjung ke Kota Bandung, kalau sementara ini kan masih manual," kata Dewi.

Baca juga: Pesanan Bubur Pak H Amid meningkat setelah gabung GoFood

Baca juga: Musim hujan pesanan nasi padang meningkat dengan layanan GoFood




 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019