Warga dan pelaku usaha di wilayah Cianjur, Jawa Barat, berharap usai pelantikan Presiden RI Joko Widodo segera merealisasikan janjinya untuk membangun Jalur Puncak II dan Jalan Tol Sukabumi-Cianjur-Bandung, setelah dilantik.

Percepatan pembangunan Jalur Puncak II dan jalan tol merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan yang kini tidak lagi hanya akhir pekan atau libur panjang, tetapi sudah hampir setiap hari.

Bahkan sejak beberapa tahun terakhir, dampak luas kemacetan yang terjadi di sepanjang jalur tersebut, membuat pelaku usaha jasa gulung tikar karena tidak dapat menutupi operasional setiap bulan.

"Tidak hanya akhir pekan atau libur panjang, hampir setiap hari jalur keluar dari Cianjur macet baik Jalur Puncak menuju Bogor, Cianjur menuju Bandung atau Sukabumi," kata Aldi pelaku usaha di Kecamatan Cipanas, Minggu.

Ia menjelaskan, macet parah dari kedua arah membuat wisatawan atau pendatang mengurungkan niatnya untuk berlibur di kawasan Cipanas-Puncak karena harus berjam-jam terjebak antrian.

"Pak Jokowi waktu berkunjung ke Cianjur, berjanji akan membangun Jalur Puncak II sebagai solusi dan memudahkan wisatawan untuk datang akan membangun jalan tol Sukabumi-Cianjur-Bandung," katanya.

Untuk mengembalikan perekonomian Cianjur lebih baik seperti dulu, angka kunjungan meningkat setiap pekan harus ditunjang dengan infrastruktur yang layak dan tidak macet," katanya.

Hal senada terucap dari H Darus pelaku usaha yang setiap hari memasok sayur mayur dari Kecamatan Pacet, ke sejumlah super market dan pasar besar di Jabodetabek, berharap Jalur Puncak II sebagai solusi bagi warga agar tidak terus merugi.

"Kalau sudah akhir pekan, pasokan sayur mayur ke sejumlah pelanggan di Jabodetabek tidak dapat sampai tepat waktu karena macet panjang. Ketika memilih jalur Jonggol tetap saja memakan waktu lama," katanya.

Dia berharap pembangunan Jalur Puncak II dapat terwujud secepatnya agar roda perekonomian di wilayah Cianjur kembali mengeliat dan perekonomian warga meningkat seiring dengan Nawa Cita.

Baca juga: Jalur Puncak-Cipanas macet total denga antrean belasan km setiap akhir pekan

Baca juga: Bupati Cianjur: Jokowi-Ma'ruf dapat bawa RI lebih maju
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019