Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyatakan siap menuntaskan tiga ribuan sambungan listrik baru bagi rumah warga kurang mampu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang selama ini belum mendapatkan fasilitas jaringan listrik mandiri yang ditargetkan bisa selesai pemasangannya akhir tahun 2019.

"Kalau tiga ribu tinggal bagi saja (penyelesaiannya dengan program CSR), Desember (2019) selesai terpenuhi elektrifikasi, mudah-mudahan Desember bisa selesai," kata Bupati Sumedang saat peresmian pemasangan listrik baru gratis bagi warga kurang mampu di Kecamatan Cimalaka, Sumedang, Rabu.

Ia menuturkan, rumah warga tersebar di Kabupaten Sumedang secara keseluruhan sudah 99 persen mendapatkan fasilitas jaringan listrik mandiri, sisanya belum terpasang dan masih mencantel ke rumah tetangga.

Sisanya yang tercatat Pemkab Sumedang, lanjut dia, hanya tujuh ribuan rumah warga, namun jumlah itu sebanyak tiga ribuan sudah mendapatkan bantuan pemasangan listrik gratis dari PT Cikarang Listrindo, PLN dan Kementerian ESDM.

"Data dari kami ada tujuh ribuan (rumah) yang belum terpasang, sekarang bantuan tiga ribuan, tinggal empat ribu lagi," katanya.

Namun sebanyak empat ribu rumah itu, kata dia, perlu diverifikasi kembali, karena sebagian warga sudah ada yang mampu atau sudah memasang sendiri.

Dony memperkirakan, ada sekitar tiga ribuan lebih lagi yang harus mendapatkan bantuan pemasangan listrik gratis agar Kabupaten Sumedang secara keseluruhan sudah mendapatkan fasilitas jaringan listrik mandiri.

"Akan kita cek lagi mampu atau betul-betul membutuhkan, dari asumsi empat ribu ini kita ambil tiga ribu tidak punya sambungan listrik mandiri," katanya.

Ia menyampaikan, rumah yang belum teraliri listrik itu akan mendapatkan bantuan dari Pemkab Sumedang, Provinsi Jabar, dari Kementerian ESDM maupun bantuan program CSR dari sejumlah perusahaan di Indonesia.

Ia berharap, PT Cikarang Listrindo bisa kembali membantu menyelesaikan program penuntasan jaringan listrik bagi rumah warga di seluruh daerah Kabupaten Sumedang.

"Mudah-mudahan nanti Sumedang 100 persen semua teraliri listrik," kata Dony.***3***

Baca juga: Tiga ribu rumah di Sumedang dapat bantuan pasang listrik gratis

Baca juga: Menteri ESDM targetkan elektrifikasi Nusantara 100 persen pada 2020







 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019