Jasad nelayan Pantai Lugina di Kecamatan Agrabinta, Cianjur, Jawa Barat, yang dilaporkan hilang tenggelam atas nama Sanusi (45) ditemukan 30 kilometer dari lokasi kapal terbalik tepatnya di bibir Pantai Sereg, Kecamatan Sindangbarang.

Sekretaris BPBD Cianjur, Sugeng Supriyatno di Cianjur Senin, mengatakan memasuki hari keempat pencarian tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan jasad Sanusi yang dilaporkan hilang tenggelam bersama Muslih (28) saat hendak melaut Kamis (22/8).

Satu hari sebelumnya tim berhasil menemukan jasad Muslih yang mengambang 11 kilometer dari Pantai Lugina tempat di mana korban dilaporkan hilang terbawa gelombang yang cukup ekstrem sejak beberapa hari terakhir.

"Jasad kedua nelayan yang dilaporkan hilang sudah ditemukan, pada hari keempat pencarian korban atas nama Sanusi yang merupakan pimpinan kapal, ditemukan di Pantai Sereg, Kecamatan Sindangbarang yang berjarak 30 kilometer dari lokasi hilang," katanya.

Saat ini, jasad korban telah diserahkan ke pihak keluarga di Kampung Cikakap, Desa Tanjungsari, Kecamatan Agrabinta, guna dikebumikan dan pencarian sudah dihentikan.

Ia menjelaskan, sejak beberapa pekan terakhir gelombang di pesisir pantai selatan Cianjur, cukup ekstrem. Tinggi gelombang dapat mencapai 7 meter, sehingga berbahaya bagi nelayan yang memaksakan diri untuk melaut.

"Kami telah mengimbau warga di pesisir selatan untuk tidak melaut karena cuaca masih ekstrem dan berbahaya. Imbau tersebut kami sampaikan melalui pihak kecamatan untuk dilanjutkan ke tingkat desa dan nelayan," katanya.

Seperti diberitakan tim gabungan bersama nelayan di Pantai Lugina, Kecamatan Agrabinta, Cianjur, masih melakukan pencarian dua orang nelayan yang dilaporkan hilang terbawa arus ketika kapal yang mereka tumpangi terbalik.

Informasi dihimpun terbaliknya kapal pencari udang yang ditumpangi empat orang nelayan warga Kampung Cikakap, Desa Tanjungsari itu, terjadi tidak jauh dari bibir pantai akibat dihantam gelombang yang cukup tinggi.

Dua orang berhasil selamat atas nama Ikin bin Udin (20) dan Iman bin Udin (27), sedangkan dua orang lainnya atas nama Sanusi bin Islam (45) dan Muslih Bin Ano (28) dilaporkan hilang terbawa arus.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019