Pemkab Cianjur, Jawa Barat, menargetkan Festival Hari Jadi Cianjur yang digelar setiap tahun dapat mendongkrak angka kunjungan dan menjadi tujuan wisatawan dari luar daerah hingga mancanegara karena banyak menghadirkan ragam seni budaya yang tidak kalah dengan kota lain di Indonesia.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Yudi Ferdiana di Cianjur Senin, mengatakan dalam festival yang telah digelar lebih fokus pada penampilan kesenian dan budaya dari setiap kecamatan yang ada di Cianjur dan ditutup dengan kehadiran artis ibu kota Via Valen dan Lesti.

"Cianjur kaya dengan seni budaya lokal, helaran yang disuguhkan dalam setiap perayaan Cianjur, banyak diminati wisatawan termasuk dari mancanegara, salah satunya penampilan Kuda Kosong yang merupakan ikon sejarah dan budaya Cianjur," katanya.

Sehingga untuk ke depan pihaknya akan fokus mengenalkan budaya Cianjur hingga ke mancanegara, sebagai upaya meningkatkan angka kunjungan terutama saat hari jadi dan hari besar lainnya, serta program promosi pariwisata dan kegiatan tahunan akan gencar dilaukan dengan cara menyebar informasi melalui berbagai media

"Festival HJC tahun ini tidak hanya bertujuan untuk menghibur warga, namun sebagai daya tarik wisatawan. Informasi yang kami dapat selama helaran berlangsung dihadiri warga dari beberapa kabupaten tetangga seperti Bogor, Sukabumi dan Bandung serta turis mancanegara," katanya.

Pihaknya menilai perputaran ekonomi selama helaran berlangsung cukup tinggi, sehingga ekonomi kerakyatan ikut terangkat, sehingga kegiatan tersebut akan lebih ditingkatkan dalam setiap tahunnya sebagai upaya menjadikan Cianjur, sebagai wilayah tujuan bukan lagi persingahan.

'Kami akan terus melakukan melakukan evaluasi dan pengembangan rangkaian yang akan dilakukan setiap tahunnya, agar target kunjungan terus meningkat setiap kegiatan tahunan itu," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019