Group Head Central Region XL Axiata, Rd Sofia Purbayanti mengatakan bahwa kenaikan tertinggi trafik layanan XL saat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah atau Lebaran 2019 untuk wilayah Jawa Barat diperkirakan terjadi di Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Bandung.

"Saat Lebaran nanti, kenaikan trafik di Jawa Barat yang paling tinggi itu akan terjadi di Kabupaten Cirebon, bakal naik 65 persen, disusul Kabupaten Bandung yang kami prediksi naik 45 persen," kata Rd Sofia Purbayanti seusai menghadiri acara Safari Ramadhan di Bandung, Rabu (16/5) malam.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), kata Sofia, terus meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan data di seluruh wilayah layanan, termasuk Jawa Barat.

Dia mengatakan penguatan jaringan data ini terus dilakukan seiring dengan tumbuhnya trafik dan berkembangnya jumlah pelanggan.

Ia mengatakan dalam rangka menyambut libur panjang Lebaran 2019 yang sudah semakin dekat, pihaknya telah menyiapkan jaringan di seluruh wilayah layanan Central Region yang meliputi provinsi di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Untuk saat ini untuk area XL Axiata Central Region sudah terdapat sekitar 43 ribu BTS, dengan total jumlah pelanggan mencapai lebih dari 16,5 juta.

"Alhamdulillah total jumlah pelanggan terus meningkat, demikian juga dengan trafik pemakaian terutama layanan data," kata dia.

"Saat ini total pelanggan kami telah mencapai 30 persen dari total pelanggan XL Axiata secara nasional. Setahun terakhir trafik penggunaan layanan data meningkat sekitar 62 persen," lanjutnya.

Menurut dia, trafik layanan data tumbuh signifikan untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah hingga DI Yogyakarta.

Dia menuturkan untuk area-area di Central Region, kapasitas jaringan di sepanjang area jalur mudik rata-rata telah ditingkatkan menjadi dua kali lipat untuk antisipasi kenaikan trafik data yang diperkirakan akan naik sekitar 30 persen dari trafik hari nomal.

Pihaknya memprediksi kenaikan trafik antara lain juga dipengaruhi adanya pergerakan pelanggan yang masuk dari wilayah lain di luar Central Region, terutama dari DKI Jakarta.

Ia mengatakan untuk jaringan, selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhkan, XL Axiata juga menyiapkan dukungan Mobile BTS (MBTS) di sejumlah wilayah Central Region yang memerlukan.

"Untuk jalur mudik yang ada di Jawa Barat kami siapkan 8 mobile BTS, itu akan kami tempatkan  di kawasan yang ramai dikunjungi publik seperti Pantai Pangandaran, Floating Market Lembang, dan Jalan Tol Cipali," kata dia.



Baca juga: XL Axiata dorong produktivitas hasil tangkapan melalui Aplikasi Laut Nusantara

 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019