Tokoh agama di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, KH. Amani Lutfi memberikan apresiasi atas tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 yang dinilai berjalan aman dan lancar, berkat sinergitas yang positif dari semua pihak.

"Alhamdulillah menurut saya ini merupakan anugerah Allah yang luar biasa diberikan kepada negara ini yang ditandai dengan Pemilu berjalan sukses," kata KH. Amani Lutfi yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Indramayu di Indramayu, Senin.

Dia juga mengapresiasi kepada penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu, begitu juga kepada TNI, Polri yang telah mengawal dan mengamankan jalannya Pemilu 2019 dengan lancar.

Pelaksanaan Pemilu 2019 khususnya di Indramayu, mulai dari pra Pemilu, pelaksanaan dan setelah pencoblosan semua berjalan aman, tidak ada kendala yang berarti.

"Alhamdulillah tanpa ekses. Meski masih ada tugas besar bagi kita untuk mengawal, agar sukses dalam semua hal," ujarnya.

KH. Amin mengakui dalam Pemilu 2019, pihaknya mengikuti dari awal dan sampai saat ini atau pleno tingkat Kabupaten Indramayu semua sudah sesuai prosedur.

Namun pihaknya tidak memungkiri mungkin ada kekurangan dan kelemahan, namun secara garis besar itu semua sudah bisa dikatakan Pemilu jurdil.

"Secara garis besar sudah dilaksanakan sesuai dengan standar. Meskipun soal kelemahan disana sini, selagi itu sistem masih dibangun oleh manusia sebagai mahluk tidak sempurna, maka kekurangan pasti ada kelemahan pasti ada," sebutnya.

Dia menambahkan kekurangan atau kesalahan itu tidak terlalu signifikan dan secara garis besar sesuai dengan konsep jurdil dalam Pemilu.

Hal senada juga dikatakan imam Masjid Islamic Center Kabupaten Indramayu, Syehk Abdul Manan yang mengatakan bahwa selama Pemilu 2019 khususnya di Indramayu sudah transparan.

"Pemilu kali ini yang saya rasakan itu sangat transparan, terbuka dan juga jurdil," ujarnya.

Setelah sekian lama terpecah karena beda politik, dia berharap masyarakat untuk bersatu kembali seperti sediakala dan pererat tali persaudaraan sebagai anak bangsa.

Baca juga: Di Indramayu pasangan Jokowi-Ma'ruf raih 71,47 persen

Baca juga: Prabowo-Sandiaga unggul di Kota Tasikmalaya

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019