Hasil inspeksi mendadak oleh Satuan Tugas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat ke pasar modern dan tradisional di Kota Bandung menemukan adanya harga bawang putih yang melonjak naik menjadi Rp55 ribu dari harga sebelumnya Rp32 ribu per kilogram.

"Untuk bawang putih ada lonjakan sampai Rp55 ribu per kilogram, acuannya sebenarnya itu Rp32 ribu," kata Ketua Satgas Ketahanan Pangan Jabar, Kombes Polisi Samudi di Pasar Baru, Jalan Otista, Kota Bandung, Selasa.

Samudi menyampaikan, kenaikan harga tersebut salah satu pengaruhnya karena pasar di daerah mematok harga bawang putih cukup tinggi, sehingga memengaruhi harga di Bandung.

"Tentunya tim yang sudah bergabung dengan Satgas Ketahanan Pangan akan mengecek ke hulu, kenapa ini harga di pasaran harga bawang putih itu sampai Rp55 ribu," katanya.

Selain itu, ia akan melakukan pengecekan ke gudang-gudang distributor dan importir agar tidak terjadi tindak pidana penimbunan.

"Jangan sampai importir ini sengaja menahan di sana sehingga membuat harga melonjak," kata dia.

Sementara itu kebutuhan pokok yang lainnya seperti telur, daging sapi, ayam dan beras, kata dia, masih dalam keadaan normal.

Ia berharap harga kebutuhan pokok lainnya tetap dalam keadaan normal karena menjelang Bulan Ramadan ini kebutuhan masyarakat akan meningkat.

"Jadi bagi siapapun importir yang sengaja nanti melakukan penimbunan tentunya akan ada sanksi dari kita," katanya.

Baca juga: Satgas Pangan Majalengka sidak pasar jelang Natal

Baca juga: Polisi Terjunkan Satgas Jika Terjadi Lonjakan Harga

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019