Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil akan memberikan hadiah berupa uang tunai hingga puluhan juta rupiah bagi TPS dan pemilih yang kreatif pada Pemilu 2019.

"Saya akan memberikan apresiasi untuk teman-teman penyelenggara pemilu di TPS dan pemilih yang kreatif dalam menyambut Pemilu 2019 besok," kata Gubernur Emil pada acara Jabar Punya Informasi atau Japri, di Gedung Sate Bandung, Selasa.

Dia menjelaskan untuk setiap kategori yakni kategori TPS dan pemilih, dirinya akan memberikan hadiah Rp15 juta untuk juara pertama, Rp10 juta untuk juara kedua dan Rp5 juta untuk juara ketiga.

Untuk TPS yang berhasil menjadi juara pertama TPS dengan dekorasi terunik akan mendapatkan uang Rp15 juta, juara dua Rp 10 juta dan juara ketiga Rp5 juta.

Dia mengatakan hadiah serupa juga akan diberikan kepada TPS dengan angka partisipasi pemilih tertinggi se-Jabar, kemudian untuk TPS terheroik se-Jabar dalam menyelenggarakan pemilu pun akan diberikan tiga urutan hadiah serupa.

"Khusus untuk TPS yang terheroik, kami akan melihat dari versi wartawan. Biar wartawan yang menentukan mana TPS paling heroik," katanya.

Sedangkan untuk pemilih kreatif, lanjut Gubernur Emil, dirinya akan memberikan hadiah bagi pemilih yang berhasil menampilkan foto terbaik di depan TPS, berswa foto/selfie atau wefie.

"Jadi kalau untuk pemilih, akan ada lomba selfie terunik di depan TPS dengan gaya paling unik dan aman. Hadiahnya sama, juara satu Rp 15 juta, juara dua Rp10 juta dan juara tiga Rp5 juta," kata dia.

Menurut dia, untuk lomba foto selfie atau wefie ini harus aman atau bersifat netral tanpa menunjukkan dukungan terhadap salah satu calon presiden atau legislatif. 

"Harus diperhatikan bahwa foto pun dilakukan di depan TPS, bukan di dalam TPS atau bilik suara," kata dia.

Baca juga: Bukan di Gedung Pakuan, Ridwan Kamil akan nyoblos di TPS ini

Baca juga: Ridwan Kamil ajukan penambahan kuota haji ke pemerintah pusat



 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019