Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengatakan pemerintah provinsi akan terus mendorong Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Kabupaten Majalengka menjadi embarkasih keberangkatan jamaah haji pada tahun 2019.

"Nah langkah pertama adalah rencananya kita akan memutuskan (pemberangkatan) haji Insya Allah tetap di sana (Bandara Kertajati)," kata Gubernur Emil ketika dimintai tanggapan soal pendapatan Wapres Jusuf Kalla terkait Bandara Kertajati, di Gedung Sate Bandung, Kamis. 

Gubernur Emil mengatakan Pemprov Jawa Barat akan merenovasi lantai atas Bandara Kertajati untuk dijadikan sebagai asrama haji agar calon jamaah haji tidak perlu ke tempat lain. 

"Jadi lantai bawah penumpang bawahnya asrama. Jadi nginep di atas turun langsung take off, itu dulu," kata dia.

Menurut dia, Bandara Kertajati diproyeksikan untuk bisa melayani penerbangan haji sebanyak 39 ribu jemaah asal Jawa Barat yang pada tahun 2019 ini masih berangkat dari Bandara Soekarno Hatta.

"Itu nanti semua calon jamaah haji untuk Jabar Insya Allah. Keputusannya (Bandara Kertajati untuk haji) itu dari Kemenag sedang diproses oleh Pak Sekda Jabar, jadi doakan saja," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan Pemprov Jawa Barat saat ini telah merancang strategi pengembangan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka.

Stretagi tersebut diantaranya pemindahan 100 persen penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Bandara Kertajati atau memindahkan sebagian rute penerbangan Bandara Husein ke Kertajati.


Baca juga: Menhub yakini Bandara Kertajati akan menguntungkan lima tahun ke depan

Baca juga: JNE sambut baik rencana BIJB jadi bandara kargo e-commerce

Baca juga: Perencanaan pembangunan Bandara Kertajati tidak terlalu bagus, kata Wapres JK

 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019