Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bandung untuk menegakan gerakan Berjamaah Salat Tepat Waktu (Bersatu). 

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan ibadah salat bagi umat muslim menjadi salah satu cara untuk memperkuat kualitas spiritual dan psikologis guna menciptakan fondasi integritas dalam bekerja.

"Para ulama dan dari berbagai keterangan menjelaskan bahwa shalat itu merupakan tingkatan kualitas seorang muslim. Makanya saya membuat program Bersatu," kata Oded saat memperingati Perayaan Isra Mi'raj Masjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Kota Bandung Kamis.

Program Bersatu juga mendapat apresiasi dari dai kondang, Abdulllah Gymnastiar yang hadir dalam acara tersebut. Pria yang akrab disapa Aa Gym ini sepakat bahwa salat menjadi cara jitu untuk meningkatkan integritas ASN.

Aa Gym juga membeberkan sejumlah keutamaan shalat yang bisa membuat kualitas kinerja semakin meningkat. Di antaranya, shalat merupakan amalan paling lengkap yang mampu menghadirkan ketenangan agar para ASN bisa bekerja lebih fokus dalam melayani masyarakat.

‎"Kalau kita ingin hidup lebih tenang kuncinya shalat. Kita galau karena kurang zikir sedangkan zikir paling komplit itu shalat. Menghadap kiblat, dalam keadaan wudu dan banyak zikir bahkan ada doa di dalamnya," terang Aa Gym yang menjadi penceramah dalam acara peringatan tersebut.

‎Kemudian ia juga mengungkapkan salat menjadi pintu taubat paling baikat itu pembuka pertolongan Allah. Kalau ada kesulitan cepat shalat karena hanya Allah yang membulakbalikan hati," tambahnya.

Aa Gym juga mengingatkan para ASN di Pemkot Bandung bahwa ujian akan selalu datang. Semakin tinggi jabatan maka godaan untuk menyimpang semakin kencang menerpa. Untuk itu, sebagai penangkalnya bisa melalui shalat.

Aa Gym mencontohkan, banyaknya pejabat yang kini tersandung kasus korupsi. Hal itu menjadi bukti bahwa sisi spiritual dan psikologis begitu lemah menghadapi godaan duniawi. 

"Shalat itu mencegah dari perbuatan keji. Tidak mungkin kita bisa menjauhi perbuatan maksiat tanpa pertolongan Allah. Maaf-maaf kalau pejabat banyak godaan, ‎makin tinggi jabatan makin banyak godaan," katanya.

Baca juga: Pemkot Bandung apresiasi gerakan Bank Sampah Hijau Lestari

Baca juga: "Beas Beureum", upaya Pemkot Bandung tingkatkan gizi anak


 

Pewarta: ASJ dan Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019