Maskapai nasional Garuda Indonesia mulai Sabtu ini resmi mengoperasikan rute penerbangan Halim-Tasikmalaya, yang sekaligus menandai layanan perdana BUMN penerbangan tersebut di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dan Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Rute Halim-Tasikmalaya pulang pergi (PP) akan dilayani sebanyak tiga kali seminggu yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu, dengan armada ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang 

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu mengatakan rute penerbangan Halim-Tasikmalaya akan menunjang konektivitas udara dari dan menuju Tasikmalaya. 

Pasar penerbangan dari Tasikmalaya dinilainya cukup besar dengan potensi total penumpang mencapai 30 ribu per tahunnya. 

"Penerbangan ini juga menjadi momentum penting bagi Garuda Indonesia mengingat rute ini sekaligus menandai pengoperasian perdana layanan Garuda di Bandara Halim Perdanakusuma dan Wiriadinata," katanya.

Pengoperasian rute ini juga akan turut menghubungkan Palembang dan Tasikmalaya melalui Halim Perdanakusuma, yang penerbangannya dilayani sebanyak tiga kali seminggu. 

Lebih lanjut, menurut Ari, dalam waktu dekat, pihaknya juga berencana melayani penerbangan ke kota  lainnya dari Bandara Halim Perdanakusuma.

"Sebagai national flag carrier, komitmen Garuda Indonesia dalam membuka rute penerbangan di kawasan wilayah ekonomi baru seperti Tasikmalaya ini kami harapkan dapat mendorong geliat ekonomi daerah melalui pengembangan pilar infrastruktur perekonomian daerah sekaligus membuka akses seluas-luasnya atas jaringan penerbangan nasional bagi masyarakat," katanya.

Ari menambahkan pembukaan penerbangan tersebut juga merupakan bagian komitmen Garuda dalam mendukung pengembangan potensi pariwisata dan pereknomian Kota Tasikmalaya yang dikenal sebagai kota santri tersebut.

"Layanan penerbangan ini nantinya kami harapkan akan mempermudah akses para wisatawan domestik dan internasional menikmati keragaman budaya Jawa Barat. Kami optimistis dibukanya layanan penerbangan ini dapat memaksimalkan potensi kunjungan wisatawandalam negeri di tahun-tahun mendatang sekaligus memperkuat konektivitas antarkota dan wilayah dengan potensi pariwisata dan perekonomian yang menjanjikan di Jawa Barat khususnya Kota Tasikmalaya," ujarnya. 

Penerbangan Halim-Tasikmalaya berangkat pada pukul 11.50 WIB dan tiba di Tasikmalaya pada 12.50 WIB.

Sementara itu, penerbangan dari Tasikmalaya menuju Halim akan diberangkatkan pada pukul 14.00 WIB dan tiba 15.00 WIB.

Baca juga: Garuda agar layani rute Jakarta-Tasikmalaya, pinta Presiden

Baca juga: Garuda, Citilink dan Sriwijaya-NAM turunkan harga tiket 20 persen
 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019