Padang (Antaranews Jabar) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengatakan kenaikan harga tiket pesawat mengakibatkan jumlah penerbangan dari berbagai daerah ke Bandung, Jawa Barat, mengalami penurunan akibat kebijakan tersebut.

"Berkurang penerbangan akibat tiket mahal, itu Bandung merasakan dampaknya. Dulu per hari itu ada belasan penerbangan ke Bandung, tapi sekarang hilang empat penerbangan karena tiket mahal," kata Gubernur Emil seusai menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Padang, Sumbar, Kamis.

Dia mengatakan kenaikan harga tiket pesawat yang dilakukan oleh maskapai penerbangan tanah air telah membuat orang berpikir ulang ketika hendak berpergian ke daerah lain untuk keperluan pekerjaan atau wisata.

"Seharusnya dicarikan jalan keluarnya seperti apa karena kalau tiket naik akan jadi kendala bagi daerah," katanya.

Seharusnya, lanjut Gubernur Emil, keluhan pemerintah daerah terkait keluhan atau dampak kenaikan tiket pesawat seharusnya bisa dicermati oleh Kementerian Perhubungan.

"Kalau bisa curhatan daerah bisa dipahami oleh Kemenhub. Sebelum menaikkan harga diskusi terlebih dahulu dengan pemerintah daerah yang akan terdampak," katanya.

Baca juga: Gubernur bahas pemindahan penerbangan Bandara Husein ke Kertajati

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah bisa dilakukan dengan mendorong dua sektor utama yaitu industri dan pariwisata.

"Bekerja di sektor industri dengan gaji sesuai Upah Minimum Regional (UMR) sekitar Rp2,2 juta masih lebih baik dari pada penghasilan petani yang hanya sekitar Rp1 juta per bulan," katanya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Padang.

Agar industri itu bisa berkembang dengan baik, Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah harus ditingkatkan dengan berbagai cara oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat dan provinsi.

Memang harus diakui tidak semua daerah cocok untuk industri, tetapi kemungkinan bisa ditumbuhkan menjadi daerah penyangga bagi bahan baku, karena industri pasti butuh bahan baku.

Baca juga: Maskapai penerbangan diminta turunkan harga tiket seiring avtur turun

Baca juga: Tarif penerbangan tinggi dan bagasi berbayar rugikan sektor wisata dan UMKM

 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019