Bandung (Antaranews Jabar) - Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan penataan Situ Bagendit yang terletak di desa Bagendit, Kabupaten Garut, Jawa Barat, akan dimulai pada tahun ini.

"Pengerjaannya ya kira-kira bulan Mei nanti sudah bisa dikerjakan, jadi bulan Februari tahun ini sudah mulai lelang," kata Rudy Gunawan, seusai acara pelantikan di Gedung Sate Bandung, Rabu.

Dia mengatakan Pemkab Garut mendapatkan bantuan anggaran untuk revitalisasi Situ Bagendit sebesar Rp30 miliar.

"Situ Bagendit kami dapat anggaran Rp30 miliar dari Gubernur Jabar dan rancangan dari Gubernur Jabar tapi lelang akan dilaksanakan di Garut," kata dia.

Baca juga: Kunjungan Presiden ke Bagendit dinilai sejarah baru

Namun, menurut dia jumlah tersebut masih kurang sehingga pihaknya berharap pemerintah pusat bisa segera bantuan serupa untuk penataan Situ Bagendit.?

"Luasnya sekitar 150 hektare. Ada komitmen dari Presiden Jokowi memberi Rp100 miliar," kata dia.

Terlebih, untuk menjadi Situ Bagendit sebagai kawasan wisata kelas dunia, kata Bupati Garut, maka diperlukan banyak perbaikan agar mampu menyedot wisatawan mancanegara dan hingga saat ini pihaknya belum mengetahui pasti rancangan penataan Situ Bagendit.

"Kami mau bentuknya apa, kami belum pasti karena desainnya masih berubah ubah, DED (Detail Engineering Design) masih disempurnakan," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil memublikasikan rencana pembenahan Situ Bagendit di akun Instagramnya @ridwankamil.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini mengunggah sejumlah foto termasuk desain yang akan dipakai untuk Situ Bagendit.

Baca juga: Pemprov Jabar siapkan Rp30 miliar benahi wisata Situ Bagendit

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019