Garut (Antaranews Jabar) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan dana sebesar Rp30 miliar pada tahun anggaran 2019 untuk membenahi objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Bayuresmi, Garut, agar lebih menarik dan menjadi destinasi wisata bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan bantuan dana Rp30 miliar untuk mendorong wisata Situ Bagendit," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Minggu.

Ia menuturkan objek wisata Situ Bagendit memiliki daya tarik yang perlu dikembangkan agar mampu mendongkrak kunjungan wisatawan hingga tingkat mancanegara.

Ia berharap dana sebesar itu menjadikan objek wisata di Garut memiliki nilai setingkat kelas dunia yang akhirnya memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat Garut.

"Ini komitmen pemprov untuk dijadikan seluruh kabupaten mempunyai objek wisata kelas dunia sehingga yang datang bukan wisatawan nusantara saja tapi luar negeri," katanya.

Ia menyampaikan dana bantuan dari provinsi itu akan direalisasikan pada tahun anggaran 2019 yang pengalokasiannya khusus untuk pengembangan objek wisata Situ Bagendit.

Pemkab Garut, kata dia, telah merancang konsep pembangunan wisata Situ Bagendit agar hasilnya menjadi pusat pariwisata di Garut.

"Tahun ini sudah diputuskan, tahun depan sudah mulai dialokasikan, untuk jelasnya kita akan buat sesuai DED (Detail Engineering Design)," katanya.

Sementara itu, Situ Bagendit yang memiliki cerita legenda tersebut berada di jalur utama menuju kawasan utara Garut dengan keunggulan wisata berupa danau.

Selain menyuguhkan keindahan wisata air danau, wisatawan juga dapat menikmati keindahan pemandangan gunung, dan taman bermain serta permainan wisata air seperti perahu rakit.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018