Bandung (Antaranews Jabar) - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PDIP Waras Wasisto menyatakan dirinya siap memberikan keterangan seputar suap Meikarta kepada media pada pekan depan.

"Nanti saja ya, saya sedang sibuk banget, Senin (depan) ya. Saya sekarang sedang ikut rapat dengan Bappenas di Jakarta," kata Waras Wasisto ketika dihubungi melalui layanan WhatsApp, Selasa.

Sebelumnya, saksi yang juga terdakwa Neneng Rahmi Nuraeli (Kabid Dinas PUPR Kabupaten Bekasi) mengatakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan, Waras Wasisto, ikut berperan dan disebut menerima suap dalam perkara suap pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta, di Kabupaten Bekasi.

"Awalnya Pak Henry Lincoln, (Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi) menyampaikan ke saya kalau proses berhenti di provinsi, Pak Henry menyampaikan ke saya ada `link` di provinsi Pak Sekda Iwa melalui DPRD (Bekasi) Bapak Sulaeman, dan Pak Waras DPRD Provinsi Jabar," kata Neneng ketika memberikan kesaksian di sidang lanjutan suap Meikarta, di Gedung Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (21/1).

Selain nama Waras Wasisto, Neneng juga menyebut nama Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa dalam persidangan.

Baca juga: Anggota DPRD Jabar Waras disebut terima suap terkait Meikarta

Neneng yang mengenakan baju berwarna putih mengatakan suap untuk "orang" Pemprov Jawa Barat terkait proyek Meikarta ini dilakukan karena pengurusan Rencana Detail tata Ruang (RDTR) Pemkab Bekasi tidak berjalan seperti yang diharapkan pihaknya.

Padahal, kata Neneng, RDTR tersebut diperlukan karena mengubah kawasan industri menjadi perumahan dan dirinya diminta Bupati Neneng Hasanah untuk mengurus hal tersebut ke Pemprov Jabar.

Kemudian, Neneng mendapat informasi bahwa Hendry Lincoln (sekarang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata, Budaya Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi) memiliki jaringan di Pemprov Jabar yaitu melalui Sulaeman anggota DPRD Kabupaten Bekasi, dan anggota DPRD Jawa Barat, Waras Wasisto.

"Mereka berdua bisa menghubungkan ke Sekretaris Daerah Provinsi Jabar, Iwa Karniwa. Dari pembahasan itu, kemudian ditindaklanjuti dengan pertemuan di rest area tol. Saya lupa tepatnya di mana. Intinya membahas soal mepercepat proses RDTR Pemkab Bekasi," tuturnya.

Baca juga: Sekda Jabar siap jadi saksi Sidang Meikarta

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019