Cirebon (Antaranews Jabar) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat selama masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 terjadi kenaikan penumpang sebanyak 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jumlah penumpang yang diangkut tahun ini mengalami peningkatan sebesar 20 persen," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardojo di Cirebon, Rabu.

Kus menuturkan pada Natal dan Tahun baru (nataru) lalu, Daop 3 Cirebon memberangkatkan sebanyak 109.459 orang penumpang dan di tahun ini tercatat menunjukan peningkatan menjadi 115.110 penumpang.

Semua penumpang tersebut lanjut Kus, berangkat dari stasiun-stasiun yang berada di wilayah kerja Daop 3 Cirebon.

Sedangkan untuk jumlah KA penumpang yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 94 KA. Untuk Daop 3 Cirebon sendiri menyiapkan delapan KA tambahan.

"Kapasitas angkut harian rata-rata sebanyak 6.395 penumpang, meningkat dari tahun lalu yang hanya rata-rata 5.737 penumpang per hari," ujarnya.

Kus menambahkan kenaikan volume penumpang ini antara lain ditunjang karena adanya penumpang dinamis, peningkatan jumlah perjalanan KA dan meningkatnya minat masyarakat akan angkutan KA.

"Secara umum pelaksanaan angkutan Nataru kali ini berjalan dengan aman, lancar, dan selamat. Tidak ada gangguan ataupun kecelakaan dalam perjalanan KA," katanya.

Diharapkan dengan semakin baiknya tingkat kenyamanan dan pelayanan transportasi KA kata Kus bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk memilih menggunakan transportasi KA sebagai moda mobilitas kesehariannya.

"Harapannya angkutan kereta bisa menjadi pilihan utama masyarakat," kata Kus lagi.

Baca juga: KAI Cirebon: hari ini puncak arus balik

Baca juga: 51.401 penumpang kereta api turun di Cirebon

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019