Cianjur (Antaranews Jabar) - Satgas pangan Polres Cianjur, Jawa Barat, bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Cianjur, menggelar sidak bahan pangan di dua Pasar di wilayah tersebut menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Sidak bahan pokok ini, dilakukan untuk meninjau beberapa harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru, sebagai upaya antisipasi terjadinya lonjakan harga yang dapat meresahkan warga," kata Wakapolres Cianjur, Kompol Yana Nurhadiana di Cianjur Senin.

Ia menuturkan, peninjauan harga bahan pokok dilakukan di Pasar Induk Pasirhayam dan Pasar Muka kelurahan Muka, Cianjur, dipastikan harga bahan pokok tetap stabil dan stok untuk satu pekan hingga aal tahun aman dan mencukupi.

Pihaknya akan menindak jika mendapati pedagang yang menggunakan formalin atau borak pada bahan pokok yang dijual agar tahan lama tanpa memperhatikan kelayakan.

"Satnarkoba akan menindak lanjuti jika di temukan bahan pengawet berbahaya pada bahan pokok atau makanan yang dijual pedagang dan akan melakukan penyitaan serta memproses penjualnya," kata Yana.

Sementara Kepala Bidang Perdagangan, Diskoperindag, Yana Kamaludin, mengatakan berdasarkan sidak bahan pokok yang dilakukan bersama satgas pangan di dua lokasi pasar, harga bahan pokok menjelang natal dan tahun baru masih stabil.

"Harga sejumlah bahan pokok masih stabil, termasuk harga daging sapi yang stoknya mencukupi hingga bulan ramadhan tahun depan. Perkiraan kami tidak akan terjadi lonjakan harga menjelang natal dan tahun baru meskipun pemesanan meningkat," katanya.

Sedangkan untuk mengantisipasi terjadi keterlambatan stok bahan pokok akibat bencana alam karena curah hujan yang tinggi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bulog Cianjur untuk membantu pasokan.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018