Garut, 24/11 (ANTARA News) - Obyek wisata Leuwi Tonjong di Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat, meraih juara kedua dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 kategori destinasi wisata Surga Tersembunyi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

"Alhamdulilah Kabupaten Garut kembali meraih penghargaan, kali ini penghargaan datang dari bidang pariwisata yaitu wisata air, lewat destinasi wisata Leuwi Tonjong yang berada di Kecamatan Cihurip," kata Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman melalui siaran pers di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, ada lima kategori yang diperlombakan, untuk Leuwi Tonjong diikutsertakan kategori Surga Tersembunyi yang akhirnya berhasil meraih juara kedua, sedangkan juara pertama diraih Pulau Kellaba Madja, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, dan juara ketiga diraih Pulau Mahoro, Kabupaten Sitaro.

Ia mengungkapkan, penghargaan dari Kemenpar itu menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Garut khususnya masyarakat Garut karena dampaknya Leuwi Tonjong akan menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi.

"Ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pihak Pemkab Garut," katanya.

Helmi menyampaikan, raihan juara tersebut tentunya hasil kerja bersama yang dilakukan oleh jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut yang sebelumnya berupaya mempromosikan wisata tersembunyi itu.

Ia mempersembahkan, raihan juara destinasi wisata Leuwi Tonjong itu untuk masyarakat, dan berharap dapat meningkatkan pengunjung untuk berwisata ke Leuwi Tonjong.

"Saya mengapresiasi Dinas Pariwisata yang selama ini sudah bekerja keras dalam mempromosikan setiap destinasi wisata yang ada di Kabupaten Garut," katanya.

Sebelumnya lomba destinasi pariwisata daerah tersebut terdapat lima kategori yakni Kategori Wisata Olahraga dan Petualangan, Wisata Air dan Ekowisata, selanjutnya tiga kategori baru yaitu Wisata Halal, Wisata Kreatif, dan Cendera Mata.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018