Tasikmalaya (Antaranews Jabar) - Kementerian Sosial telah mendistribusikan bantuan berupa pangan maupun sandang yang menjadi kebutuhan dasar korban banjir di Kabupaten Tasikmalaya dan Cianjur, Jawa Barat.

"Tim gabungan ini turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan kaji cepat kebutuhan dasar pengungsi, mendirikan dapur umum dan juga layanan dukungan psikososial," kata Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita melalui siaran pers di Tasikmalaya, Kamis.

Dikatakan, pemerintah telah melakukan percepatan pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi terkait banjir bandang yang melanda Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah personel Tagana, kata dia, telah diterjunkan untuk membantu warga dan mendistribusikan bantuan ke lokasi bencana di Tasikmalaya dan Cianjur.

"Upaya yang dilakukan di antaranya berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur," katanya.

Menteri menyampaikan, tahap awal, Kemensos telah menyalurkan logistik tanggap darurat berupa peralatan evakuasi, paket keluarga dan peralatan makan dari gudang pusat di Bekasi ke Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya.

Baca juga: Terdampak banjir, ribuan warga dua desa di Tasikmalaya terisolasi

Baca juga: Petugas gabungan buka jalur terisolasi di Tasikmalaya

Bantuan logistik penanggulangan bencana untuk Kabupaten Tasikmalaya di antaranya beras 2 ton, lima tenda serbaguna keluarga, dan 650 tenda gulung.

Selanjutnya 325 unit velbed, 300 kasur, 40 paket sandang, 20 selimut, 250 paket family kit, 250 paket kids ware, 150 paket food ware, 350 paket makanan anak, 6 ribu bungkus mi instan dan 100 lembar matras gulung.

Sedangkan bantuan untuk wilayah Kabupaten Cianjur disalurkan 75 tenda gulung, 75 kasur, 75 velbed, 50 paket foodware, 50 paket family kit, 50 paket kid ware, 100 paket, makanan anak 100 paket, seribu bungkus mi instant.

"Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, Kemensos harus bergerak cepat dalam pemenuhan kebutuhan dasar warga terdampak bencana," katanya.

Sebelumnya wilayah selatan Jawa Barat diguyur hujan deras, akibatnya air sungai meluap dan menyebabkan banjir di beberapa titik pesisir pantai.

Banjir tersebut telah menggenangi rumah penduduk, juga merobohkan satu jembatan, dan menelan korban jiwa di Kabupaten Tasikmalaya. 
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018