Bandung (Antaranews Jabar) - Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Barat menyantuni sekitar 3.001 anak yatim piatu di 27 DPC PKB kabupaten/kota se-Jawa Barat, dalam rangka memperingati 10 Muharram 1440 Hijriah.

Sekertaris DPW PKB Jawa Barat Sidkon Djampi, di Bandung, Kamis, mengatakan bahwa Muharram adalah bulan tarbiyah, bulan sakral dan satu di antara empat bulan yang Allah SWT mewajibkan hamba-Nya untuk menghormatinya.

"Muharram menjadi sakral dan membumi di Nusantara karena memiliki landasan ayat-ayat Al-Qur`an, sebagaimana termaktub dalam firman Allah Surat At Taubah Ayat 36," ujarnya saat ditemui di kantor DPW PKB Jabar, saat memberikam santunan anak yatim piatu.

Untuk memperingati 10 Muharram tersebut Sidkon, atas dasar arahan Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda mengintruksikan kepada seluruh DPC PKB se Jawa Barat mengadakan santunan secara serentak.

"Santunan anak yatim ini tidak hanya digelar di sini (Kantor DPW PKB Jabar), tapi kami juga laksanan serentak di 27 DPC PKB se Jawa Barat dengan total anak yatim yang kami santuni lebih dari 3001 anak yatim," katanya.

Selain mencari keberkahan untuk kemajuan PKB, santunan yatim piatu tersebut dilaksanakan tutur Sidkon dalam rangka "ngurip-nguripi" budaya Islam Jawa yang saat ini mulai luntur dan ditinggalkan generasi muda.

"Sesuai Hadist Nabi Muhammad, yang menganjurkan berpuasa selama tiga hari tanggal 9, 10, dan 11 Muharram atau Syura, kita disuruh untuk berpuasa," ujarnya.

Selain itu, anjuran di hari Asyura terutama pada hari kesepuluh juga umat Islam dianjurkan untuk menyantuni anak-anak yatim piatu.

"Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyura (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat. Itu menjadi dasar kami melaksanakan santunan yatim piatu dan fakir miskin tiap 10 Asyura," kata Sidkon.

Atas keutaman menyantuni anak yatim tersebut Sidkon berharap PKB dalam mengarungi perjuanganya selalu mendapat kelancaran, keberkahan dan kesuksesan dalam menjalankan nilai-nilai perjuangan PKB, untuk mencipatkan masyarakat yang maju, mandiri, sejahatera dalam bingkai rahmatan lilalamin.

Selain itu pihaknya juga mendoakan agar Muhaimin Iskandar atau dikenal dengan sapaan Cak Imin, senantiasa sehat wal afiat, senantiasa sukses memimpin PKB, dalam naungan izin dan ridho Allah SWT.

"Terutama di tahun politik ini raihan kursi PKB diseluruh nusantara khususnya di Jawa Barat bisa naik, dan Pilpres bisa dimenangkan secara gemilang," katanya.

 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018