Bandung (Antaranews Jabar) - Jika ingin membaca komik sambil bersantai dan menyantap makanan atau minuman maka Zeo Cafe and Comics Library di Jalan Pager Gunung No.3 Dipatiukur Kota Bandung adalah tempatnya.

Pengelola Zeo Cafe and Comics Library, Adi Setiawan, di Bandung, Minggu, mengatakan di tempat ini para pecinta komik akan disuguhkan oleh sekitar 3300 komik dari mulai komik terbitan lama hingga terbaru.

"Keberadaan komik jadul memang sedikit sulit untuk dicari dan jika kamu mau membaca komik-komik jadul atau yang diterbitin beberapa tahun ini, maka silakan mampir mulai pukul 09.00-22.00 WIB setiap harinya," kata Adi.

Selain komik, kata dia, ada juga novel, majalah dan berbagai buku lainnnya.

Menurut dia, pengunjung yang ke tempat ini tidak hanya anak sekolah atau kuliahan saja namun banyak juga para ibu yang datang ke tempat ini untuk membaca komik-komik jadul ataupun majalah.

Zeo Cafe and Comics Library ini mulai beroperasi sejak tahun 2000-an dan untuk sistem peminjaman buku di sini cukup mudah yakni dikenai biayanya Rp2.000 untuk sebuah komik per harinya dan Rp1.000 untuk novel atau majalah per harinya.

"Bagi yang berminat jadi anggota akan dikenai biaya Rp80 ribu, dengan rincian Rp50 ribu nantinya digunakan sebagai simpanan dan jika sudah berhenti menjadi anggota maka uang itu akan dikembalikan lagi," kata dia.

Tempat yang hening dan suasana sejuk dipastikan akan sangat cocok melepas penat dengan membaca komik, novel majalah.

Untuk menghindari kerusakan buku biasanya dilakukan pengecekan dua minggu sekali dan jika ditemukan buku rusak maka pengelola akan langsung menyisihkan buku tersebut.

Para pengunjung diharuskan menyimpan bukunya lagi ke tempat semula agar buku tetap terlihat rapi dan memudahkan para pengunjung lainya untuk mencari buku tersebut.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018