Bandung (Antara) - Gubernur Jawa Barat dua periode 2008-2013 dan 2013-2018 Ahmad Heryawan atau Aher bersyukur bisa menjalani wisuda program S3 atau doktor di Gedung Graha Sanusi Universitas Padjadjaran, Jalan Dipatiukur Kota Bandung, Selasa.

"Alhamdulillah, setelah hampir dua tahun saya menyelesaikan studi doktoral, hari ini saya diwisuda. Saya ikut program S3 bidang manajemen dan bisnis di kampus Unpad yang kita cintai ini. Nunggu wisuda hampir dua bulan," kata Aher.

Ia mengaku sempat tidak membayangkan bisa menyelesaikan studi program S3 tersebut karena saat menjalani pendidikan S1 banyak tantangan yang harus dihadapi seperti biaya pendidikan.

"Terus saya tahun 1999 ikut parpol kemudian masuk DPRD DKI Jakarta dua periode ternyata dengan kesibukan tidak bisa melanjutkan sekolah padahal sejak S1 saya memimpin bisa lanjut S2 dan S3," kata dia.

Ia mengatakan banyak pengalaman yang dihadapinya selama menjalani kuliah program S3 di Unpad, terutama pembagian waktu antara kuliah dengan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat.

"Saat itu masih dinas sebagai gubernur, saya pastikan tidak mudah. Makanya tiap hari Sabtu diusahkan tidak ada pertemuan apapun meskipun acara di hari Sabtu banyak, hari Sabtu saya pakai untuk kuliah dari jam 08.00 pagi sampai jam 18.00 sore," kata dia.

Ia menambahkan banyak ilmu baru yang didapatkan dari studi program S3 di Unpad.

Disertasi doktoral Aher sendiri diberi judul ?Model Keberlanjutan Bisnis di Daerah Aliran Sungai Citarum, Indonesia?.

Sidang promosinya sendiri dilakukan pada tanggal 9 Mei 2018 dan mendapatkan gelar doktor dengan yudicium Cum Laude.

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018