Garut (Antaranews Jabar) - Kepadatan arus balik kendaraan dari timur menuju barat atau Bandung lintas Leles-Kadungora maupun Malangbong-Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, berkurang dibandingkan hari sebelumnya karena masa libur panjang segera berakhir.

"Dibandingkan dengan hari Selasa (19/6) kemarin, jumlah kendaraan yang melewati Garut melalui jalur Malangbong-Limbangan dan Leles-Kadungora mengalami penurunan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa di Garut, Rabu.

Ia menuturkan, arus balik yang terjadi pada Selasa (19/6) cukup padat di sepanjang jalan nasional Malangbong-Limbangan dan kawasan Garut Kota-Leles-Kadungora.

Arus kendaraan itu, kata dia, antre untuk menuju Nagreg, Kabupaten Bandung menghubungkan Jalan Tol Purbaleunyi tujuan Jakarta dan kota besar sekitarnya.

"Kondisi ini (berkurang) terjadi karena sudah semakin banyak pemudik yang sudah kembali ke sejumlah kota besar," katanya.

Ia mengatakan, jajarannya tetap bersiaga untuk memberikan keamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas terutama mengurai kepadatan arus kendaraan pada musim arus balik.

Ia menambahkan, berdasarkan sistem penghitungan hingga Rabu siang jumlah kendaraan yang melewati Limbangan mengarah Bandung sudah mencapai 18 ribu lebih kendaraan, sedangkan arah sebaliknya hanya dua ribuan kendaraan.

Jika terjadi kepadatan di jalur nasional, kata dia, maka jajarannya akan memberlakukan sistem satu arah yang diprioritaskan dari Garut menuju Bandung.

"Penarikan arus lalu lintas dengan `one way`," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018