Cianjur (Antaranews Jabar) - Cukup membacakan satu juz surat dalam Al-Quran,  warga sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di klinik kesehatan Harapan Sehat di Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat.

"Selama Ramadhan warga yang akan berobat cukup membacakan satu juz saja. Program ini sudah hampir sembilan tahun kami jalankan," kata dr Yusuf Nugraha, pemilik klinik itu pada wartawan.

Dia menjelaskan, program layanan gratis tersebut berawal dari banyaknya pasien yang tidak mampu untuk membayar biaya pengobatan.

Untuk pembacaan satu juz Al Quran itu, tidak diharuskan pasien yang melakukannya, namun dapat diwakilkan oleh keluarga atau kerabat pasien. Setiap harinya tambah dia, klinik itu dapat melayani 15 sampai 20  pasien yang membayar dengan membaca Al Quran..

"Kami merasa bersyukur masih dapat berbagi dengan sesama terutama pada saat bulan yang penuh berkah ini. Kegiatan berobat gratis dengan membaca ayat suci ini berlaku sampai habis Ramadhan," kata Yusuf Nugraha.

Klinik itu sebelumnya juga meluncurkan beragam program kemanusiaan dan program menjaga lingkungan, termasuk membayar biaya berobat  dengan tiga botol plastik bekas air minum.

Imas Maslamah, keluarga pasien, mengungkapkan, keluarga mereka sangat terbantu dengan adanya program layanan kesehatan yang diberikan klinik tersebut. 

"Ini cukup menggugah agar warga selalu membaca ayat suci di mana pun berada. Program klinik Harapan Sehat selalu meringakan warga yang membutuhkan terutama warga yang tidak mampu cukup membayar dengan tiga botol plastik bekas," katanya. 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018