Bandung (Antara)- Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, menargetkan tahun 2018 sudah lebih dari 106 titik sanitasi sehat di wilayah tersebut terutama di daerah yang sanitasinya kurang sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, Tresna Gumilar di Cianur Rabu, mengatakan sejak dua tahun terakhir pihaknya menggenjot pembangunan sanitasi terutama di daerah Cianur selatan karena mayoritas warganya belum sadar kesehatan lingkungan.

"Kami terus menggenjot pola hidup bersih dan sehat untuk mewujudkannya, salah satunya sanitasi menjadi sasaran," katanya.

Dia menjelaskan, tahun 2016 hanya ada 7 sanitasi yang berhasil dibangun, namun pada 2017 pihaknya menggenjot pembangunan hingga mencapai 50 lebih sanitasi sehat. Bahkan ditargetkan tahun ini mencapai 106 titik sanitai sehat.

"Sekarang Cianjur sudah menjadi urutan sembilan teratas sanitasi sehat di Provinsi Jawa Barat. Peningatan jumlah sanitasi hingga lebih dari 50 titik tercapai tanpa menggunakan alokasi anggaran dinas namun hasil swadaya," katanya.

Dia menambahkan dengan pembangunan sanitasi sehat, diharapkan IPM Cianur dapat terus meningkat dan mengungguli daerah lain."Sanitasi menjadi salah atu penilaian untuk bidang kesehatan dengan tepat sasaran dan lebih banyak akan menggenjot IPM," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018