Bandung (Antaranews Jabar) - Sekitar 2.300 orang calon mahasiswa ITB yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri SNMPTN 2018 melaksanakan pendaftaran di Kampus ITB Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa.

Ini merupakan tahun ke-tiga pendaftaran calon mahasiswa baru ITB mengambil tempat di kampus ITB Jatinangor dan selain bertujuan memperkenalkan kampus ITB Jatinangor, juga dimaksudkan agar calon mahasiswa yang sudah diterima di SNMPTN mengambil kesempatan baik itu dengan tidak lagi mengikuti ujian SBMPTN.

"Jangan cuma kenal kampus Ganesa, karena sebagian yang diterima juga akan berkuliah di kampus ITB Jatinangor," kata Wakil Direktur Eksekutif Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana dan Vokasi Direktorat Eksekutif Pengelolaan Mahasiswa Baru dan Kerja sama Pendidikan (DEKTM) ITB Syarief.

Ketika ditanya alasan mengapa lokasi pendaftaran mahasiswa baru SNMPTN berlokasi di Kampus Jatinangor, Syarief menerangkan "kita (ITB) melaksanakan disini (Kampus ITB Jatinangor supaya jauh dari lokasi ujian SBMPTN, dan alasan diselenggarakan berbarengan itu supaya siswa yang terdaftar di SNMPTN tidak lagi mengikuti SBMPTN".

Ia mengatakan penutupan gerbang kampus ITB Jatinangor juga dilakukan untuk mendukung aturan tersebut.

"Bagi yang masuk (area kampus) tidak boleh keluar, karena pada saat yang bersamaan sedang dilaksanakan ujian tulis SBMPTN di seluruh PTN," ujar Syarief.

Menurut dia, ketentuan pendaftaran calon mahasiswa baru bersamaan dengan ujian tulis SBMPTN merupakan ketentuan yang ditetapkan secara nasional oleh panitia pusat SBMPTN 2018.

Panitia pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa baru ITB jalur SNMPTN ini melibatkan banyak pihak.

"Semua pegawai DEKTM dilibatkan, juga ada dua orang perwakilan per Fakultas Sekolah, Lembaga Kemahasiswaan, dan juga sekitar 30 orang mahasiswa yang ada di kampus ITB Jatinangor," ujar Syarief.

Ia mengatakan proses pendaftaran dimulai dengan validasi kelengkapan persyaratan dan berakhir dengan pengambilan foto sedangkan Kartu Tanda Mahasiswa baru akan diperoleh pada saat pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa baru ITB jalur SBMPTN.

Sementara itu Rektor ITB, Prof Kadarsah Suryadi menyampaikan ucapan selamat kepada calon mahasiswa baru ITB.

"Kepada setiap mahasiswa baru yang sudah berhasil lolos SNMPTN, kami mengucapkan selamat, dan semoga perjalanan kalian diberikan kelancaran dan kemudahan, dan lulus dari ITB untuk menyongsong masa depan yang lebih baik untuk masyarakat bangsa dan negara. Selamat untuk semuanya," ujar Kadarsah.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018