Bandung  (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kota Bandung meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri atas prestasi kinerja tertinggi dalam penyelenggara pemerintahan daerah secara nasional berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2016.

Kota Bandung menduduki peringkat ke-7 dari 93 Kota besar atau dengan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah yang berprestasi sangat tinggi secara nasional atribut bintang tiga dengan nilai 3,4110.

Penilaian itu melibatkan 20 instansi termasuk lembaga independen dengan sekitar 700 item penilaian.

"Alhamdullilah ini merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat kepada Pemkot Bandung," ujar pejabat sementara Wali Kota Bandung Muhammad Solihin, di Bandung, Kamis.

Menurut Solihin, raihan ini merupakan yang kedua kalinya Kota Bandung mendapat apresiasi dari Kemendagri berdasarkan LPPD. Ia optimis Kota Bandung dapat terus berbenah untuk mempertahankan posisinya bahkan meningkatkan dengan nilai yang lebih baik.

"Dengan segala kinerja yang sudah dilakukan oleh Pemkot Bandung selalu masuk 10 besar. Kita optimis untuk ke depannya akan kembali mempertahankan bahkan harus meningkatkannya," kata dia.

Solihin berpesan, setiap penghargaan bukan semata-mata untuk mendapatkan tropi saja. Namun, ada rasa tanggung jawab dari setiap kegiatan dari perangkat daerah keterkaitan dengan perencanaan.

Perencanaan yang bagus dan matang, kata dia, maka akan menghasilkan sebuah sistem yang tersusun dengan baik. Hal tersebut berimplikasi pada pembangunan sebuah kota akan terus maju.

"Khusus untuk Kota Bandung, jika alurnya bagus akan menciptakan hasil yang bagus juga. Jadi perencanaan yang bagus itu yang terintegrasi dari pusat," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018