Cianjur (Antaranews Jabar) - Tujuh pabrik Aqua yang beroperasi di Jawa Barat mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jabar atas konsistensi perusahaan dalam menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan bersamaan dengan peresmian bersama proyek corporate social responsibilty (CSR) Jawa Barat yang dijalankan sepanjang 2017 di Bandung, Selasa.

Gubernur Jabar Achmad Heryawan menyerahkan penghargaan tersebut kepada perwakilan dari tujuh pabrik Aqua di Bekasi, Citeureup, Ciherang, Mekarsari, Babakan Pari, Cianjur, dan Subang.

Bahkan Danone-Aqua juga menerima penghargaan khusus sebagai perusahaan yang secara konsisten melaksanakan program CSR secara berkesinambungan di Jabar, penghargaan khsusus tersebut diterima secara langsung oleh VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto.

Pada 2013, Pemerintah Provinsi Jabar menerbitkan pedoman Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan serta program Kemitraan dan Bina Lingkungan sehingga dengan adanya kebijakan tersebut, 132 perusahaan BUMD, BUMN, dan perusahaan swasta bergabung menjadi mitra CSR Jabar.

Perusahaan yang menjadi mitra tersebut semakin meningkatkan program CSR, mulai dari pemberian bantuan modal untuk usaha mikro, beasiswa pelatihan, edukasi, peningkatan mutu kesehatan, hingga kepedulian terhadap lingkungan.

"Pemprov Jabar memberikan apresiasi pada perusahaan yang telah berkontribusi dan berhasil menjalankan program kegiatan CSR yang sejalan dengan program pemerintah daerah melalui Tim Fasilitas CSR Jabar," kata Heryawan.

Salah satu perusahaan yang memperoleh penghargaan tersebut adalah pabrik Danone-Aqua yang beroperasi di jabar. Perjalanan selama 45 tahun Danone-Aqua tidak hanya memenuhi kebutuhan hidrasi masyarakat Jabar, namun berkontribusi pada kondisi sosial dan lingkungan.

"Jabar memiliki arti khusus bagi Danone-Aqua karena kehadiran perusahaan pertama di Indonesia berdiri di Bekasi-Jabar dan tujuh pabrik lainnya di kota dan kabupaten Jabar lainnya," kata VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto.

Dia menjelaskan pabrik Danone-Aqua di Jabar menjalankan kegiatan operasionalnya dengan konsep ramah lingkungan. Pabrik Aqua menjalankan operasional dengan mendepankan nilai hak asasi manusia, mempertahankan kualitas dan menjaga kepatuhan pada peraturan serta perundang-undangan.

"Berbagai inovasi produksi dilakukan untuk menekan lepasan karbon dan mengurangi emisi gas rumah kaca dengan melakukan penghematan air, energi, pemanfaatan energi terbarukan, hingga daur ulang limbah," katanya.

Pabrik Danone-Aqua di Jabar, tambah dia, tidak hanya memperhatikan produksi, melainkan juga senantiasa berkomitmen terhadap pengelolaan distribusi produk secara bertanggung jawab dan juga pelestarian lingkungan sekitar.

"Komitmen kami adalah melanjutkan dan memperbaiki kinerja agar keberadaan kami dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dan alam yang dalam hal ini sesuai dengan misi Danone One Planet One Health," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018