Bandung (Antaranews Jabar)- Pemkab Cianjur, Jawa Barat, masuk dalam lima besar nominasi penghargaan Orangtua Hebat tingkat Provinsi Jawa Barat karena dinilai memiliki ketahanan keluarga yang baik.

"Tujuh kriteria penilaian terpenuhi oleh seorang peserta dari Cianjur," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Esih Sukaesih pada wartawan Selasa.

Dia menjelaskan, penghargaan Orangtua Hebat itu jadi salah satu program terkait ketahanan keluarga, dimana orangtua harus baik dalam pola asuh, pembinaan anak, dari segi agama dan kriteria penilaian lannya.

Berdasarkan hasil penilaian di Bandung oleh tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, perwakilan Cianjur meyakinkan untuk menjadi juara Orangtua Hebat, bahkan Cianjur akan didorong menjadi perwakilan Jawa Barat dalam anugrah di tingkat nasional.

"Nantinya perwakilan itu akan menjadi kader untuk turut menyebarkan pembinaan sebagai orangtua yang hebat dalam pembinaan anak dan menjaga ketahanan keluarga, demi tumbuh kembang anak yang maksimal," katanya.

Dia menambahkan, peserta yang lolos di lima besar merupakan warga dari kampung KUBA yang merupakan program pemerintah untuk menjadikan setiap kampung di Cianjur lebih berakhlakul karimah.

"Semakin banyak kampung Kuba, maka ketahanan keluarga semakin tinggi, mengingat dari yang sudah ada pun telah menunjukan prestasi. Saat ini, sudah ada 300 kampung Kuba, ke depan akan terus ditambah sampai semua kampung yang ada," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018