Bandung  (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kota Bandung  menyusun strategi dalam upaya membenahi pengelolaan sampah rumah tangga maupun limbah industri.

"Kita berikan beberapa ide. Mudah-mudahan ini menjadi alternatif, sehingga permasalahan sampah di Kota Bandung menjadi berkurang," ujar pejabat sementara Wali Kota Bandung Muhammad Solihin di Bandung, Rabu.

Solihin mengatakan, Pemkot Bandung kini tidak berjalan sendiri dalam pengelolaan sampah, DPRD Kota Bandung pun turun tangan mengatasi hal tersebut.

Pemkot Bandung memberikan beberapa gagasan, seperti pengelolaan sampah melalui pemanfaatan biodegester dan TPS Terpadu. Hal tersebut dinilai telah terbukti mempermudah pengelolaan sampah.

"Alternatif itu akan dibahas juga oleh Pansus, seperti biodegerster dan TPS Terpadu yang merupakan salah satu ide pengelolaan sampah," katanya

Selain biodegester dan TPS Terpadu, Pemkot Bandung juga telah menyiapkan bank sampah yang memberikan dampak baik dan bermanfaat untuk masyarakat.

Menurut dia, dengan memilah dan memilih, sampah yang dibuang ke TPS menjadi lebih sedikit.?

Saat ini bank sampah di Kota Bandung sudah cukup banyak, khususnya yang dimiliki oleh PD Kebersihan yaitu Bank Sampah Resik yang terdapat di beberapa kelurahan maupun sekolah.

"Maka dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah, itu hal yang utama. Masyarakat menjadi paham bahwa sampah itu harus dikelola. Bahkan ke depannya sampah yang dikelola bisa menjadi bermanfaat," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung, Isa Subagja mengatakan, pengelolaan sampah dengan teknologi ramah lingkungan menjadi salahsatu upaya yang cerdas untuk kebersihan.?

"Kuncinya kelola sampah dengan teknologi ramah lingkungan, maka kebersihan di lingkungan pun akan lebih baik," kata Isa. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018