Bandung (Antaranews Jabar) - Pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna akan menaikkan honor Ketua RT dan RW di Kota Bandung menjadi Rp2 juta per bulan jika pasangan ini berhasil terpilih atau menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Periode 2018-2023 di Pilkada Kota Bandung 2018.

Calon Wakil Wali Kota Bandung, Aries Supriatna, di Kota Bandung, Senin, mengatakan selama ini pihaknya sering menerima masukan maupun keluhan dari para Ketua RT dan RW di Kota Bandung yang meminta agar honor mereka dipertimbangkan untuk naik.

Menurut dia, honor yang ada saat ini yang hanya Rp300 ribu per bulan dinilai tidak sebanding dengan beban kerja dan tanggung jawab para aparat kewilayahan tersebut.

Oleh karena itu, kata dia, kenaikan honor tersebut dinilai wajar mengingat ke depan beban kerja RT dan RW akan semakin berat.

"Kami setuju honor RT dan RW untuk dinaikkan mininal di kisaran Rp 2 jutaan. Hal ini menjadi prioritas kami karena nanti RT dan RW akan jadi ujung tombak untuk membantu program-progran Pemkot Bandung," kata Aries saat melakukan dialog dengan Pengurus RT dan RW di sela-sela kampanye di kawasan Arcamanik, Kota Bandung.

Menurut pasangan yang memiliki jargon Bandung Hebring itu, bila pasangan Yossi-Aries terpilih, pihaknya akan memberdayakan secara maksimal peran RT dan RW.

Salah satu tugas utama RT dan RW ke depan, kata Aries, yakni untuk menghimpun data yang valid dan akurat mengenai data-data sosial-ekonomi warga masyakat Kota Bandung di masing-masing RT/RW.

Ia memberi contoh, setiap Ketua RT dan RW akan ditugaskan untuk memberikan data yang valid dan akurat mengenai warga masyarakatnya seperti mengenai data pekerjaan warga, penghasilan, jumlah anggota keluarga, hingga kondisi rumah warga.

"Data-data itu akan terus di-up date setiap tiga bulan. Data-data mengenai kondisi sosial ekonomi yang diberikan RT dan RW itu akan dipergunakan sebagai dasar bagi pemerintahan Yossi-Aries untuk menetapkan kebijakan mengenai penanggulangan kemiskinan. Sebab RT dan RW-lah yang paling tahu kondisi warganya," kata Aries.

Selain itu, lanjut dia, untuk memudahkan tugas RT dan RW ke depan, pasangan Yossi-Aries akan membuat sebuah aplikasi program elektronik yang akan memudahkan pengurus RT dan RW dalam melaporkan pendataan kependudukan tersebut.

"Hal ini sesuai dengan tujuan kami yang ingin mewujudkan pemerintahan yang hebat programnya dan ringkas pelayanannya. Tidak ada ribet-ribet," kata dia.Budi Suyanto





 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018