Bandung  (Antaranews Jabar) - Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa mendorong para pelaku startup, khususnya kalangan mahasiswa, memanfaatkan pembangunan infrastruktur di provinsi itu dengan gagasan yang dimilikinya.

"Saya berpesan kepada teman-teman mahasiswa, termasuk para mahasiswa ITB yang memulai startup agar bisa memanfaatkan pembangunan infrastruktur dengan ide dan gagasan kalian," kata Iwa Karniwa saatmembuka dan Arkavidia Informatics and IT Festival 2018 di Aula Timur Kampus ITB Jalan Ganeca Kota Bandung, Sabtu.

Menurut Iwa, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong peningkatan pemanfaatan potensi teknologi informasi oleh semua perguruan tinggi di Jawa Barat.

Ia mengatakan teknologi informasi, di antaranya startup, dinilai mampu meningkatkan geliat dunia wirausaha dan perekonomian di Jawa Barat.

"Teknologi informasi di zaman sekarang adalah sesuatu yang harus dikuasai. Kita infokan kepada teman-teman di ITB, kepada peserta Arkavidia, seperti apa Jawa Barat ke depannya. Peran teman-teman ini nantinya ke mana," kata Iwa.

Dia mengatakan di zaman moderen ini, sama seperti teknologi informasi, konektivitas berupa transportasi pun sangat dibutuhkan masyarakat. Tidak hanya cakupan antarkota atau kabupaten, tapi antarkawasan seperti Bandung Raya, Cirebon Raya atau Priangan Timur.

Oleh karena itu, kata dia, untuk meningkatkan konektivitas antardaerah tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus membangun sejumlah infrastruktur seperti jalan tol dan jalur kereta.

Saat ini, katanya, tengah dibangun Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, dan pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya-Banjar sudah melewati tahap feasibility study.

Selain itu, pembangunan jalur kereta api cepat pun, lanjut dia, tengah dibangun dan akan disambung dengan pembangunan light rail transit (LRT) Bandung Raya yang akan menghubungkan Padalarang dan Cimahi dengan Tanjungsari, Gedebage dengan Majalaya dan Soreang, dan jalur lainnya.

"Kemudian Pemprov Jabar juga sedang membangun Bandara Kertajati yang lebih luas daripada Bandara Soekarno Hatta. Juga kita bangun Pelabuhan Patimban. Infrastruktur itu bagian dari konsen kita, selain pelayanan masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia," katanya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Arkavidia, Praditia Raudi, mengatakan Arkavidia ini adalah kali keempat digelar di ITB dan tahun ini diikuti 30 startup dari Jawa Barat dan peserta lomba sebanyak 500 tim atau jumlah peserta melebihi 1.000 orang.

"Para peserta merupakan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Juga ada seminar dengan pembicara dari dalam dan luar negeri," katanya.

Menurut dia, dengan adanya acara Arkavidia maka diharapkan masyarakat dapat mengetahui isu dan perkembangan teknologi informasi di Indonesia dan dunia sehingga kesadaran masyarakat terhadap manfaat teknologi informasi pun semakin besar.*

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018