Antaranews Jabar - PT Asri Indah Lestari (AIL) pengelola Taman Wisata Alam Gunung Papandayan membangun dua `cottage` atau rumah dengan konsep ramah lingkungan untuk dinikmati wisatawan yang ingin menginap dengan nuansa alam di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Kami membangun fasilitas baru cottage ini untuk wisatawan yang peruntukannya bagi rombongan keluarga," kata Direktur Utama PT AIL Gunung Papandayan Tri Persada kepada wartawan di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, Gunung Papandayan semakin banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah tujuannya untuk sekadar berkemah, maupun jalan-jalan menikmati alam pegunungan.

Namun saat ini, kata dia, wisatawan yang merasa kelelahan selama di perjalanan dapat menginap sambil menikmati suasana Gunung Papandayan.

"Wisatawan yang kelelahan setelah perjalanan jauh dapat beristirahat di sini (cottage) sekaligus bisa menikmati langsung Gunung Papandayan dari teras," katanya lagi.

Dia menyatakan, rumah penginapan keluarga itu dibangun berdasarkan usulan wisatawan, selanjutnya dibangun dua rumah dua lantai dengan konsep bangunan dari kayu yang ramah lingkungan.

Dua rumah itu, kata Tri, setiap rumah berkapasitas 20 orang, dengan fasilitas lima kamar, ruang tamu, dapur, kolam air hangat, dan sarapan pagi.

"Biaya sewanya murah Rp3 juta satu malam, itu sudah bebas biaya masuk, dan fasilitas lainnya di Gunung Papandayan," katanya lagi.

Ia menambahkan, fasilitas baru itu mendapatkan respons bagus dari pengunjung yang merasa puas dapat menginap sambil menikmati alam pegunungan.

"Cottage ini disambut baik wisatawan, bahkan tidak pernah kosong sejak dibuka 24 Desember sampai nanti tahun baru," katanya lagi.

Dia berharap, fasilitas baru itu dapat menambah kenyamanan wisatawan dan membuat kesan indah, sehingga mau kembali berwisata ke Gunung Papandayan.

"Kami ingin tempat wisata ini berkesan, nyaman, dan aman bagi pengunjung," katanya lagi.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017