antarajabar - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencatat di sepanjang jalur selatan ditemukan 147 pantai baru yang berpotensi menjadi objek wisata alternatif, selain Pangandaran, Pelabuan Ratu atau Santolo Garut.

"Berdasarkan penelitian Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, di jalur selatan ditemukan 147 pantai baru," ujar Kepala Disbudpar Jabar Ida Hernida di Bandung, Rabu.

Ida mengatakan pantai-pantai tersebut sebagian besar masih belum tersentuh masyarakat secara luas dan tidak terkenal seperti pantai-pantai lainnya. "Tapi potensinya sama seperti pantai lain," katanya.

Ke depan, Disparbud akan memetakan seluruh pantai di pesisir selatan terutama dari sisi aksesibilitas, luasan lokasi wisata, maupun infrastruktur di sekitar lokasi.

Jika diprediksi dapat menjaring banyak wisatawan, pihaknya akan mendorong untuk dijadikan salah satu objek wisata unggulan di Jawa Barat.

"Tentu akan dilihat dulu, mana yang berpotensi besar mana yang tidak. Juga akses di sekitar lokasinya bagaimana," katanya.

Dengan potensi besar yang dimiliki Jabar, Disbudpar akan lebih menggenjot wisata selatan Jabar pada tahun 2018. Apalagi dengan hadirnya Bandara Kertajati menambah optimisme pemerintah yang diprediksi mampu menjaring jutaan wisatawan.

"BIJB Kertajati semakin membuat kami optimis terkait pengembagan sektor kepariwisataan ini," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017